Kenali Ragam Penyakit Hepatitis Dan Penularannya

Hepatitis merupakan bentuk peradangan pada hati yang terjadi akibat faktor infeksi dan non-infeksi. Hepatitis yang disebabkan oleh faktor infeksi biasanya terjadi akibat bakteri, virus atau amoeba. Hepatitis virus yang sering terjadi yaitu virus hepatitis A (HAV), hepatitis B (HBV), hepatitis C (HCV). Sedangkan kasusu hepatitis yang disebabkan oleh faktor non infeksi bisa diakibatkan oleh obat, zat kimia, kolesterol tinggi, alkohol, dll.

Penyakit hepatitis bisa berakibat fatal jika tidak ditangani secara lanjut. Hepatitis yang dialami penderita selama kurang dari 6 bulan disebut hepatitis akut, sedangkan hepatitis yang di alami lebih dari 6 bulan disebut dengan hepatitis kronis. Mari kita kenali ragam penyakit hepatitis dan penularannya.

Kenali Ragam Penyakit Hepatitis Dan Penularannya

ragam penyakit hepatitis dan penularannya

Ragam penyakit hepatitis tergantung dari virus yang menyerang organ hati si penderita. Selama ini hepatitis yang biasa kita kenal adalah hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. Berikut ini rincian lengkapnya:

Hepatitis A

Penyakit hepatitis A adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus heatitis A (HAV) yang termasuk picornaviridae yang merupakan RNA virus. Virus ini bersifat tahan asam, termostabil dan tahan terhadap empedu. Penularannya biasa terjadi secara fecal-oral yang merupakan masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang tercemar tinja penderita HAV. Hepatitis ini merupakan jenis hepatitis yang tidak terlalu berbahaya karena jarang menimbulkan kematian pada penderitanya.

Hepatitis B

Virus hepatitis B (HBV) merupakan virus DNA. Virus ini selain menginfeksi manusia, bisa juga mengfinfeksi simpanse. HBV dapat ditemukan pada cairan tubuh (darah, air liur, cairan sperma dan vagina) namun tidak semua memiliki kadar virus yang infkesius. Secara umum bisa terjadi secara horizontal atau vertikal (penularan pada masa perinatal seperti ibu pada anaknya yang baru lahir). Penularannya bisa melalui jarum suntik yang digunakan bersama-sama atau melalui hubungan intim. Hepatitis jenis ini biasanya menahun sehingga penyakit ini termasuk hepatitis kronis.

Baca Juga: Obat Herbal Sirosis Hati

Hepatitis c

Penyebab penyakit hepatitis C adalah HCV yang termasuk famili Flaviviridea genus Hepacivirus dan merupakan virus RNA. Memiliki 6 genotip dan lebihd ari 50 subtipe. Penularannya melalui parenteral seperti penggunaan bersama alat-alat pribadi penderita (sikat gigi, pisau cukur) juga jarum suntik yang tidak steril. Kebanyakan jenis ini jarang terjadi melalui hubungan seksual. Kebanyakan dari kejadian yang ada hepatitis jenis ini juga tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Hepatitis D

Virus hepatitis D ini merupakan virus RNa dengan defek yang artinya virus ini tidak mampu bereplikasi secara sempurna tanpa bantuan virus lain, yaitu virus hepatitis B. Penularannya mengikuti perjalanan penyakit hepatitis B (parental), maksudnya jika virus hepatitis B akut yang diderita sembuh, maka virus hepatitis D juga akan hilang. Virus hepatitis D ini biasanya dialami oleh para pecandu narkoba.

Hepatitis E

Hepatitis E disebabkan oleh virus hepatitis E, sebuah virus RNA berbentuk sferis. Virus ini awalnya disebut sebagai penyebab enterically transmitted non-A non-B hepatitis (ET-NANB). Virus hepatitis E ditularkan melalui jalur fecal oral. air minum yang tercemar tinja merupakan media penularan yang paling umum terjadi.

Hepatitis F

Beberapa ilmuan professional percaya hepatitis jenis ini merupakan mutasi dari virus hepatitis B. Jika hal ini terjadi maka risiko dan cara penularannya sama dengan hepatitis B.

Hepatitis G

Pertama dijelaskan pada awal tahun 1996. Hepatitis G adalah penyebab lain virus hepatitis potensial. Hepatitis G virus, telah diidentifikasi dan mungkin menyebar melalui darah dan kontak seksual. Seringkali pasien dengan hepatitis G terinfeksi pada saat yang sama oleh virus hepatitis B atau C atau keduanya.

Sebelum hal ini terjadi alangkah baiknya anda pandai dalam merawat dan menjaga lingkungan sekitar supaya terhindar dari penyakit hepatitis.

| Kenali Ragam Penyakit Hepatitis Dan Penularannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s