Fakta Menarik Mengenai Penyakit Hepatitis B

Penyakit hepatitis B merupakan penyakit menular yang disebbakan oleh virus hepatitis B (HBV) dan menyerang organ tubuh yakni hati. Infeksinya mampu menular antarmanusia melalui darah, cairan tubuh dan kontak langsung dengan luka penderita.

Seringkali gejala dari penyakit hepatitis b tidak disadari penderitanya. Padahal, infeksinya bisa dengan cepat mengancam nyawa pasien jika tidak tertangani dengan baik. Oleh karena itu, simak sajian artikel kami mengenai fakta menarik mengenai penyakit hepatitis B.

Fakta Menarik Mengenai Penyakit Hepatitis B

hepatitis bVirus hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh pasien hepatitis B. Seseorang dapat terinfeksi hepatitis B melalui sex bebas, menggunakan alat suntik bekas dan jarum tato bekas. Selain itu, wanita yang sedang hamil juga beresiko menyebabkan terinfeksi virus hepatitis B selama proses melahirkan.

Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemui di dunia. Lebih dari sepertiga penduduk dunia terinfeksi hepatitis B. Beberapa dari mereka bahakan terinfeksi hepatitis B kronis. Penting bagi kita yang berisiko terkena penyakit ini untuk melakukan pencegahan dan pemeriksaan.

Baca Juga: Obat Penyakit Kuning Alami

Beberapa orang yang terkena hepatitis B kadang tanpa gejala. Oleh karena itu, perlu lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terinfeksi hepatitis B dan tentunya pemeriksaan darah untuk lebih meyakinkan.

Sekitar 90% kasusu hepatitis B merupakan hepatitis B akut. Pada hepatitis B akut, pasien akan sembuh dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bula. Tetapi, sekitar 10% kasusu merupakan hepatitis B kronis yang dapat mengakibatkan penyakit liver yang lebih serius atau bahkan kanker hati atau liver.

Terdapat beberapa tipe hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis yang berbeda. Hepatitis B tidak akan berubah atau berkembang menjadi hepatitis yang lain. Tetapi, pasien penderita hepatitis B dapat berisiko terinfeksi virus hepatitis yang lain.

Vaksin hepatitis B janua efektif untuk mereka yang belum terkena hepatitis B. Untuk beberapa negara, vaksin hepatitis B bahkan diberikan kepada bayi yang baru lahir. Bagi mereka yang sudah terkena hepatitis B yang diperlukan adalah pengobatan secara rutin.

Penyakit hepatitis B bukan penyakit turunan. Seseorang dapat terkena hepatitis B bila melakukan kontak yang melibatkan tercampurnya darah atau cairan tubuh dari penderita hepatitis B. Wanita hamil yang sedang terinfeksi hepatitis B akan berisiko menyebabkan bayinya juga terinfeksi selama proses melahirkan.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai penyakit hepatitis B. Semoga dengan adanya sajian artikel kami ini menyadarkan kita akan bahaya dari penyakit infeksi hepatitis B serta dapat meningkatkan kepedulian kita untuk mencegah penyakit hepatitis B.

| Fakta Menarik Mengenai Penyakit Hepatitis B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s