Jenis-jenis Virus Penyakit Hepatitis dan Cara Penularannya

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui mengenai jenis-jenis virus penyakit hepatitis. Untuk itu, disini kami akan sedikit berbicara dan menjelaskan mengenai jenis-jenis virus penyakit hepatitis dan cara penularannya. Simak sajian artikel kami

Jenis-jenis  Virus Penyakit Hepatitis dan Cara Penularannya

virus hepatitis

Virus hepatitis A (HAV)

Virus ini ditularkan melalui jalur oral faekal baik melalui kontak orang ke orang atau menelan makanan atau air yang terkontaminasi virus tersebut. Biasanya, infeksi dari jenis hepatitis A tergolong pada kasus ringan. Meskipun tergolong penyakit ringan namun infeksi virus ini juga dapat mengancam jiwa.

Virus Hepatitis B (HBV)

Virus ini dapat ditularkan melalui darah, air mani dan cairan tubuh lainnya, bisa juga dari hubungan seksual, transfusi darah dan produk darah yang terinfeksi virus HBV, penggunaan jarum suntuk yang terkontaminasi, dll. Selain itu, virus ini juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi virus ini kepada bayi pada saat lahir atau bisa juga dari anggota terhadap anak usia dini.

Baca Juga: Fakta Menarik Mengenai Penyakit Hepatitis B

Virus Hepatitis C (HCV)

Pada umumnya ditularkan melalui darah. Hal ini bisa terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terinfeksi virus HCV, suntikan yang terkontaminasi, berbagi jarum suntik dengan kalangan pengguna narkoba. Harus anda ketahui, virus hepatitis B dan C dapat menyebabkan kanker pada manusia.

Virus Hepatitis D (HDV)

Infeksi ini terjadi secara eksklusif pada orang yang sudah terinfeksi hepatitis B (HBV). Infeksi ganda HDV dan HBV dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Namun demikian, penggunaan vaksin hepatitis B dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi HDV.

VirusHepatitis E (HEV)

Virus ini ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Virus ini merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis yang terjadi negara berkembang dan dianggap sebagai penyebab utama penyakit di negara-negara maju. Infeksi HEV terkait dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas pada ibu hamil dan bayi baru lahir.

Itulah jenis virus penyakit hepatitis dan cara penularannya, semoga dengan mengetahui jenis-jenisnya anda dapat lebih mewaspadai dan mencegah terjadinya penularan penyakit hepatitis.

| Jenis-jenis  Virus Penyakit Hepatitis dan Cara Penularannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s