Waspada Bahaya Virus Hepatitis Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya virus hepatitis dapat menyerang siapa saja tidak terkecuali ibu hamil. Faktor lingkungan seperti lingkungan yang buruk dapat menjadi penyebab signifikan seseorang terkena penyakit virus hepatitis serta ditambah dengan persoalan nutrisi yang juga kurang memadai.

Menurut hasil sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa virus hepatitis terjadi 9.5% pada usia trimester pertama, 32% terjadi di trimester kedua dan sebanyak 58% terjadi pada usia trimester ketiga. Apabila pasien terkena virus hepatitis pada usia kandungan trimester ketiga, hal ini dapat memberikan efek berbahaya baik pada ibu maupun pada janin.

Bahaya Virus Hepatitis Bagi Ibu Hamil

hepatitis pada ibu hamilIbu hamil yang terinfeksi virus hepatitis pada usia kandungan menginjak trimester ketiga akan memberikan dampak bahaya bagi ibu hamil, berikut ini bahaya virus hepatitis bagi ibu hamil.

Baca Juga: Obat Herbal Hepatitis

Diketahui terdapat beberapa jenis virus hepatitis yang dapat menginfeksi diantaranya yaitu virus hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. Hepatitis A, B dan C merupakan jenis hepatitis yang sering dijumpai dan banyak menjangkit wanita hamil. Hepatitis virus yang terjadi pada trimester pertama atau awal trimester kedua, gejalanya sama dengan yang terjadi pada wanita yang tidak hamil. Sedangkan, virus hepatitis yang terjadi pada trimester ketiga, gejalanya lebih berat bahkan bisa menyebabkan kematian.

Virus hepatitis yang terjadi pada ibu hamil di trimester ketiga dapat menunjukkan gejala fulminan yang merupakan kondisi terjadinya peradangan dan kerusakan hati yang berat sehingga pasien tidak dapat bertahan dan berujung pada kematian ibu maupun janin.

Para pakar kesehatan juga banyak yang menyimpulkan bahwa berat dan ringannya suatu gejala virus hepatitis pada kehamilan tergantung pada kecukupan gizi wanita hamil. Apabila wanita hamil tersebut tidak mendapatkan gizi yang baik, terlebih kekurangan protein, maka infeksi virusnya akan memberikan gejala-gejala yang lebih berat.

Baca Juga: Jenis Virus Penyakit Hepatitis Dan Cara Penularannya

Virus hepatitis bukan hanya mengganggu wnaita hamil, namun juga mempengaruhi kondisi janin, baik ketika masih berada di dalam kandungan maupun ketika sudah dilahirkan. Penularannya sendiri terjadi dalam beberapa cara yakni melewati plasenta, lewat ASI, terjadinya kontak langsung antara ibu dan bayinya dan juga saat bayi terkontaminasi dengan darah atau tinja ketika proses persalinannya.

Itulah beberapa poin penting yang harus ibu waspadai dari bahaya virus hepatitis bagi ibu hamil dan janin. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi para pembaca untuk selalu bersemangat dalam menjaga lingkungan sekitar.

 

| Bahaya Virus Hepatitis Bagi Ibu Hamil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s