28 Juli Sebagai Hari Peringatan Hepatitis Sedunia

Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Aliansi Hepatitis Dunia (World Hepatitis Alliance) mengumumkan tema peringatan Hari Hepatitis Sedunia tahun 2015 yang diselenggarakan setiap tanggal 28 Juli yakni bertujuan untuk pencegahan penyakit hepatitis.

hari hepatitis

Seperti yang ditulis di halaman WHO, terdapat 400 juta jiwa yg hidup dengan hepatitis B serta C diseluruh dunia. 1.4 juta wafat disebabkan terkena infeksi setiap tahunnya dan tidak sedikit lagi penderita virus baru. Padahal penularan virus ini bisa dicegah dengan kesadaran setiap individu dan vaksinasi juga mengurangi risikonya.

Baca Juga: Pengobatan Hepatitis

Peringatan tahunan ini diklaim bertujuan tidak cuma buat meningkatkan kesadaran di antara pasien yg sudah terinfeksi melainkan juga intervensi pencegahan oleh produsen kebijakan.

Terdapat 4 kategori hepatitis diantaranya yaitu A, B, C, D dan E. Masing-masing kategori dibedakan berdasarkan virusnya.

Baca Juga: Deteksi Dini Penyakit Hepatitis C

Sejauh ini hepatitis B paling dikhawatirkan mengingat penyakit ini merupakan pembunuh ke 8 di dunia sebab akan menyebabkan kanker hati. Tidak cuma itu, penularan penyakit ini dapat berjalan dari ibu ke bayi dikala melahirkan atau lewat jalinan seksual serta transfusi darah. Berdasarkan riset kesehatan dasar 2007, virus hepatitis B menjangkiti 9.4% masyarakat Indonesia (kurang lebih 22 juta orang).

Untuk menanggulangi hepatitis B, pemerintah Indonesia memberlakukan program vaksinasi gratis hepatitis B untuk bayi baru dilahirkan sejak tahun 1997. Pencegahan juga dilakukan lewat penapisan terhadap darah yang hendak ditransfusikan di unit transfusi darah Palang Merah Indonesia.

 

| 28 Juli Sebagai Hari Peringatan Hepatitis Sedunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s