Pemberian ASI Eksklusif Dapat Mencegah Penyakit Hepatitis C

Pemberian ASI ekslusif pada bayi akan memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Bayi yang diberi ASI ekslusif dapat terhindar dari kematian bayi.

ASI mengandung kombinasi nutrisi yang sempurna untuk bayi, di mana hampir 100 jenis yang terkandung di dalamnya! Nutrisi tersebut berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

Baca Juga: Pengobatan Hepatitis Alami

Bayi yang baru lahir membutuhkan tingkat lemak yang lebih tinggi selama 6 bulan. Dan tubuh seorang ibu akan mengetahui hal itu dan menyesuaikannya dengan tepat.

Banyak keuntungan dan manfaat yang akan diberikan jika ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pada bayi. Selain itu, pemberian ASI ekslusif dapat mencegah penyakit hepatitis C yang merupakan penyakit mematikan.

Alasan Mengapa ASI sangat Penting Bagi Bayi

ASI eksklusifHepatitis C merupakan penyakit menular yang apabila dialami pada bayi akan berkembang menjadi penyakit kanker besar. Pada orang dewasa, mungkin saja penyakit hepatitis C dapat ditekan dengan pemberian obat-obatan, namun tidak jarang bila penderitanya seorang bayi, maka hal tersebut akan menjadi penyakit yang sangat mematikan bila saja tidak ditangani dengan sesegera mungkin.

Baca Juga: 28 Juli Sebagai Hari Peringatan Hepatitis Sedunia

Kata dr Jane mengutip sebuah study pada acara Pekan ASI sedunia di Gedung Bulog, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, mengungkapkan.”Kalau hepatitis C kena pada bayi, dia itu 90% nanti akan berubah jadi kanker. 90% lho”

Risiko bayi terkena hepatitis C bisa dimana saja, bahkan saat bayi sering mengunjungi puskesmas, posyandu dan rumah sakit. Virus menular lewat luka dan bayi mungkin saja terkena ketika ada luka di kulit dari bekas suntikan.

Tindakan untuk pencegahannya yang paling baik untuk melindungi bayi yaitu dengan pemberian ASI eksklusif. ASI itu dapat menghancurkan selubung dari hepatitis C dan dia belum ada vaksinnya.

Selain itu, manfaat dari ASI untuk bayi juga banyak diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan kecerdasan otak bayi
  • Menambah kekebalan tubuh bayi
  • Lebih terjamin mutunya
  • Mencegah infeksi usus
  • Membuat ibu lebih sehat

Tidak hanya bayi saja yang mendapatkan manfaatnya, namun bagi seorang ibu juga akan mendapatkan manfaatnya seperti misalnya:

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menghemat pengeluaran uang
  • ASI selalu siap sedia
  • ASI menjadi metode kontrasepsi alami
  • Bagus untuk kesehatan karena dapat membantu uterus kembali ke ukuran normal lebih cepat dan mencegah perdarahan dan juga dapat terhindari dari jenis kanker seperti misalnya kanker payudara dan kanker ovarium.

Gimana, banyak kan manfaatnya? Oleh sebab itu, berikanlah bayi anda ASI eksklusif demi menjaga kesehatannya.

| Pemberian ASI Eksklusif Dapat Mencegah Penyakit Hepatitis C

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s