Asupan Nutrisi Untuk Menyembuhkan Penyakit Hepatitis C

Asupan nutrisi yang tepat bagi penderita hepatitis C sangat pengting dalam menunjang kesembuhan. Karena, asupan nutrisi yang buruk dapat memperparah kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, ketahuilah beberapa jenis asupan nutrisi untuk menyembuhkan penyakit hepatitis C.

Asupan Nutrisi Untuk Menyembuhkan Penyakit Hepatitis C

karbohidrat kompleksNutrisi yang baik sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit hepatitis C untuk proses penyembuhan. Berikut ini daftar nutrisi sehat bagi penderita hepatitis C

  • Carilah sumber makanan yang kaya protein namun rendah lemak

Seperti, kacang-kacangan, kedelai, kacang hijau, biji gandum, kacang merah dan oats. Makanan berprotein sangat disarankan untuk menjaga aliran darah tetap lancar dan mencegah retensi cairan tubuh.

  • Karbohidrat kompleks

Bagi penderita hepatitis C disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti, buah, sayur dan biji-bijian.

Artikel Sebelumnya: Cara Mengobati Penyakit Kuning Dengan Bahan-Bahan Alami

Hati yang mengalami penyakit hepatitis C mengalami kelemahan menyimpan gula sehingga anda perlu banyak karbohidrat sehat serta menambah asupan vitamin dan mineral yang membantu proses penyembuhan penyakit.

  • Jauhi makanan asin atau banyak garam

Karena hal ini dapat menyebabkan resistensi cairan tubuh. Resistensi merupakan efek umum penyakit hati. Apalagi, garam dapat menyebabkan pengentalan darah sehingga menyulitkan darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

  • Perbanyak minum air

Disarankan untuk minum air 6-8 gelas penuh air putih perhari, hal ini bisa mencegah terjadinya resistensi cairan dan menggelontor racun di dalam tubuh.

Baca Juga: Obat Penyakit Hepatitis

Selain itu, minuman sehat lain yang dimasukkan dalam daftar diet anda adalah susu tanpa lemah, buah dan teh herbal. Sesekali minum kopi pahit juga tidak apa-apa, namun jangan terlalu sering.

  • Atur pola makan dalam porsi kecil namun sering

Pada umumnya, penderita hepatitis C akan kehilangan nafsu makan mereka. Namun, meski demikian dianjurkan untuk tetap memaksakan diri isi perut anda meskipun sedikit. Untuk itu, disarankan untuk makan dengan porsi kecil namun sering. Tidak harus makanan berat, anda juga bisa menyelingi dengan cemilan buah atau biji-bijian saja.

Kelima point diatas sangat penting dilakukan oleh penderita hepatitis C demi menjaga dan mempercepat proses pemulihan kondisi kesehatan mereka. Semoga artikel ini bermanfaat

 

| Asupan Nutrisi Untuk Menyembuhkan Penyakit Hepatitis C

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s