Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bervitamin K Bagi Kesehatan

Vitamin terkadang disepelekan dalam mencukupi asupan gizi tubuh, karena yang dianggap penting hanyalah karbohidrat, protein dan serat saja. Padahal vitamin sangat dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh. Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin K.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Vitamin K dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti bayam, rempah-rempah, mentimun, kubis, daun bawang, asparagus, minyak ikan, selada, bunga kol, brokoli, kacang polong, tomat, seledri, dan blueberry. Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi makanan bervitamin K bagi kesehatan?

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bervitamin K Bagi Kesehatan

vitamin K

  • Membantu proses pembekuan darah

Vitamin K baik untuk penderita hemophilia, karena dapat membantu proses pembekuan darah.

Proses pembekuan darah diperlukan oleh tubuh, terutama ketika mengalami luka, baik itu luka sayatan, luka terjatuh ataupun luka bekas operasi. Kita mengetahui, bahwa ada zat besi, yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Namun demikian, vitamin K juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam melakukan proses pembekuan darah.

  • Mencegah osteoporosis

Keadaan ini disebabkan oleh kurangnya kandungan mineral untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor mampu mencegah osteoporosis. Namun, ternyata vitamin K juga mampu membantu mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor. Sehingga dapat mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

  • Mencegah penyakit diabetes

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin K baik dalam mencegah munculnya penyakit diabetes pad diri anda dan keluarga. Hal ini telah dibuktikan adanya fakta bahwa vitamin K dapat membentuk suatu sistem perlawanan terhadap resistensi insulin. Resistensi ini diketahui merupakan salah satu penyebab munculnya diabetes pada seseorang.

  • Mencegah terjadinya pendarahan pada organ hati

Pendarahan organ hati atau liver dapat disebabkan oleh penggunaan obat aspirin, antibiotik, dan obat penenang secara berlebihan.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi yang Baik Untuk Organ Hati

Pendarahan pada hati akan menyebabkan fungsi dari hati menjadi tidak optimal dan berbahaya bagi kesehatan. Namun demikian, manfaat vitamin K dapat mencegah pendarahan tersebut. Sifat alami vitamin K yang mampu mencegah pendarahan dengan cara mempercepat dan mengoptimalkan proses pembekuan darah pada tubuh kita.

  • Mencegah terjadinya penyakit kanker

Vitamin K ini mampu untuk memperlambat proses perkembangan dari sel kanker di dalam tubuh. Dengan lebih lambatnya proses perkembangan kanker, maka kanker tidak akan cepat menyebar, dan lebih cepat untuk ditangani.

Ternyata asupan makanan bervitamin K sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh anda, bahkan mampu mencegah tumbuhnya penyakit kanker yang kapan saja dapat menyerang anda. Oleh sebab itu, cukupi lah asupan vitamin K untuk kualitas hidup yang lebih sehat.

| Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bervitamin K Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s