Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Melalui Hubungan Seks

Penyakit menular seksual, atau PMS adalah berbagai infeksi yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak seksual.

Hampir seluruh PMS dapat diobati.  Bila tidak diobati secara tepat, infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan, sakit berkepanjangan, kemandulan bahkan kematian. Wanita lebih beresiko untuk terkena PMS lebih besar dari pada laki-laki sebab mempunyai alat reproduksi yang lebih rentan. Dan seringkali berakibat lebih parah karena gejala awal tidak segera dikenali, sedangkan penyakit melanjut ke tahap lebih parah.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Penting untuk diperhatikan bahwa kontak seksual tidak hanya hubungan seksual melalui alat kelamin.  Kontak seksual juga meliputi ciuman, kontak oral-genital, dan pemakaian “mainan seksual”, seperti vibrator. Berikut ini penyakit berbahaya yang ditularkan melalui hubungan seks.

Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Melalui Hubungan Seks

PMS

  • Chlamydia

Penyakit ini menyerang pria dan wanita. Namun, yang lebih banyak menyerang pada wanita. Penyaki ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem reproduksi wanita sehingga sulit memiliki momongan serta meningkatkan risiko hamil di luar kandungan.

Chlamydia rentan terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun sehingga sangat disarankan untuk melakukan tes setiap tahun. Tes tersebut sangat berguna untuk mendeteksi dini chlamydia yang umumnya terjadi tanpa gejala. Namun, terdapat beberapa gejala umum pada wanita diantaranya yaitu keputihan yang tidak normal dan perasaan panas saat buang air kecil. Sedangkan pada laki-laki ditandai dengan perasaan panas saat buang air kecil dan rasa sakit disertai bengkaka pada salah satu atau kedua testis.

  • Pelvic Inflamatory Disease (PID)

Terjadi karena penyakit chlamydia yang tidak segera diatasi. Gejala yang biasa ditunjukannya biasanya seperti nyeri di perut bagian bawah, demam, keputihan yang tidak normal dan berbau, sakit atau perdarahan saat berhubungan seksual, perasaan panas saat buang air kecil dan perdarahan di luar waktu menstruasi.

  • Herpes Genital

Penyaki ini disebabkan oleh 2 macam virus yaitu virus simplex tipe 1 dan virus simplex tipe 2. Herpes genital biasanya menyebabkan luka seperti lecet pada alat kelamin sehingga menyebabkan nyeri dan menimbulkan gejala seperti flu yaitu demam, nyeri dan menggigil. Penyakit ini juga dapat semakin parah bila menyerang pada orang yang memiliki sistem imun rendah. Jika Anda menyentuh luka atau cairan dari luka tersebut, Anda dapat menyebarkan virus herpes ke bagian tubuh Anda yang lainnya. Jika Anda menyentuh luka atau cairan luka herpes, segera cuci tangan Anda secara menyeluruh untuk menghindari penyebaran infeksi Anda.

  • Penyakit hepatitis

Penyakit hepatitis A, B dan C dapat menular melalui hubungan seksual. Untuk mencegah penyakit menular seksual lainnya seperti penggunaan kondom, tidak dapat dilakukan untuk mencegah hepatitis A.

Cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis yaitu dengan pemberian vaksinasi. Meski jarang terjadi, virus hepatitis C juga dapat menular melalui hubungan seksual. Selain karena berhubungan seks dengan orang yang sudah terinfeksi, hepatitis C juga dapat terjadi karena sering berganti-ganti pasangan.

  • Sifilis atau raja singa

Merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengganggu otak dan fungsi organ lainnya. Sifilis disebabkan oleh Treponema pallidum.

Bakteri ini masuk kedalam tubuh melewati selaput lender vagina atau mulut atau melalui kulit. Dalam waktu beberapa jam, bakteri akan sampai ke kelenjar getah bening terdekat kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Sifilis juga dapat menginfeksi janin dalam kandungan dan janin bisa berakibat cacat bawaan.

Baca Juga: Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bervitamin K Bagi Kesehatan

Jadi, itulah beberapa penyakit berbahaya yang ditularkan melalui hubungan seksual. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat bagi anda.

| Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Melalui Hubungan Seks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s