Waspada, Jenis Penyakit Mematikan di Musim Penghujan

Hujan yang terus turun tidak hanya menyebabkan banjir, namun juga mengundang berbagai masalah kesehatan. Pasalnya ketika terjadi perubahan cuaca maka sangat mudah daya tahan tubuh seseorang mengalami penurunan. Hal ini pula yang menyebabkan seseorang mudah sakit. Selain flu, batuk atau pun pilek, nyatanya sering juga terjadi masalah kesehatan yang serius bahkan hingga menyebabkan kematian, seperti misalnya berikut ini jenis penyakit mematikan di musim penghujan seperti sekarang ini.

Mengenal Jenis Penyakit Mematikan di Musim Penghujan

jenis penyakit mematikan di musim penghujan

  • Penyakit tipes

Selama hujan, air tanah mudah terkontaminasi virus dan bakteri. Agar terhindar dari tifus, pastikan anda memasak air yang dikonsumsi secara matang atau hindari mengonsumsi air yang tidak dimasak. Penyakit tipes terjadi disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Salmonella Typhi masuk ke dalam tubuh, sehingga terjadilah penyakit tipes.

  • Penyakit hepatitis

Sering terjadi di musim penghujan seperti sekarang ini. Untuk mencegahnya, pastikan anda mengkonsumsi air dan makanan yang bersih dan hindari mengkonsumsi makanan yang dijual pedagang kaki lima. Tidak hanya itu, untuk membunuh kuman, cuci sayuran dalam air garam.

Baca Juga: Obat Hepatitis B Kronis

  • Demam berdarah

Genangan air merupakan tempat berkembangnya nyamuk. Terutama nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Idealnya bersihkan selokan rumah setiap hari.

  • Penyakit malaria

Serangga dan nyamuk akan menularkan virus melalui air yang memicu terjadinya penyakit malaria. Meski penularan malaria di Indonesia telah menurun, pastikan Anda tetap waspada dan hidup sehat.

  • Penyakit chikungunya

Tidak hanya menyebabkan demam berdarah, nyamuk aedes aegypti juga memicu penyakit chikungunya. Adapun gejalanya tak jauh berbeda dengan demam berdarah, yaitu demam tinggi, nyeri sendi dan sakit kepala parah.

Baca Juga: Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Melalui Hubungan Seks

Nah itulah beberapa penyakit yang perlu anda waspadai dimusim penghujan seperti sekarang ini. Mulailah menjaga kebersihan lingkungan anda supaya anda terhindar dari berbagai jenis penyakit mematikan yang menyerang di musim penghujan.

| Jenis Penyakit Mematikan di Musim Penghujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s