Kisah Perjuangan Amitabh Bachchan Melawan Hepatitis B

Di usia yang menginjak kepala 7, Amitabh Bachchan masih dapat tampil prima bahkan masih sempat bermain di film Shamitabh yang rilis pada Bulan Februari 2015 lalu. Meski demikian, ternyata aktor legendaris bollywood ini tengah menderita sakit yang berkepanjangan yaitu penyakit hepatitis B akut yang hampir kehilangan 75% fungsi hatinya.

Kisah Perjuangan Amitabh Bachchan Melawan Hepatitis B

Hal ini terjadi, ketika dirinya tengah syuting film Coolie pada tahun 1982. Saat itu Ia mendapat transfusi 60 unit darah yang dikumpulkan dari 200 donor. Namun, sayangnya dari sekian ratus donor tersebut ada yang membawa virus hepatitis B, sehingga ia terdeteksi dengan penyakit infeksi hati tersebut.

Baca Juga: Jenis Penyakit Mematikan Di Musim Penghujan

Saat menjadi pembicara dalam kampanye kesadaran Hepatitis B, Amitabh Bachchan mengungkapkan bahwa,”Salah seorang pendonor membawa virus Hepatitis B masuk ke sistem tubuh saya. Hingga tahun 2000 hatiku masih berfungsi dengan normal dan hampir 18 tahun setelah kecelakaan itu, saya baru melakukan pemeriksaan medis dan mereka memberitahu bahwa hatiku terinfeksi dan saya telah kehilangan 75% fungsi hati saya”. Itu tandanya, Ia harus bertahan hidup dengan fungsi hati yang tersisa 25% saja dan itu sangat buruk. Namun, meski demikian ia beruntung karena dapat langsung melakukan pengobatan.

Dia juga mengatakan bahwa,”Saya mengandalkan para ahli medis di Negaraku meskipun saya memiliki kemampuan untuk pergi ke luar negeri tapi saya percaya India juga memiliki dokter yang berkualitas dan terpercaya. Karena diagnosis yang diberikan dari luar negeri tidak jauh berbeda dengan di India,” jelasnya.

Penyakit hepatitis A dan B tentunya berbeda. Hepatitis B pada umumnya ditularkan melalui darah yang terkontaminasi. Hepatitis B akut mungkin tidak memerlukan pengobatan khusus, namun untuk kasus kronis seperti yang di alami oleh Amitabh Bachchan, penyakit tersebut harus diobati dengan obat antivirus. Pengobatannya pun harus diikuti selama beberapa bulan bahkan tahun dan membutuhkan evaluasi medis yang teratur dan pemantauan untuk menentukan apakah pengobatan virus ini mengalami kemajuan atau tidak.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Itulah kisah perjuangan Amitabh Bachchan melawan hepatitis B, semoga anda juga termovitasi dari semangatnya yang ingin terus hidup meski dengan keterbatasan fungsi hatinya. Semoga lekas sembuh buat Amitabh Bachchan dan untuk anda yang kini tengah menderita penyakit yang sama. Aamiin

| Kisah Perjuangan Amitabh Bachchan Melawan Hepatitis B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s