Kenali Jenis Penyakit yang Ditularkan Melalui Ciuman Bibir

Di dalam mulut terutama di sela-sela gigi, gusi dan lidah adalah tempat hidup bermacam-macam bakteri. Mulut yang bau saat sedang berciuman adalah pertanda ada bakteri yang berkembang di dalam mulut. Beberapa kuman penyakit seperti herpes hidup dan berkembang di cairan tubuh seperti air liur, penularan air liur saat berciuman bisa menjadi sarana berpindahnya kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain penyakit herpes ada juga jenis penyakit yang ditularkan melalui ciuman bibir lainnya, diantaranya yaitu:

Jenis Penyakit yang Ditularkan Melalui Ciuman Bibir

  • Penyakit hepatitis B

Selain ditularkan melalui air mani dan darah, virus hepatitis B juga dapat ditularkan melalui air liur. Saat berciuman, virus ini dapat menular jika air liur yang terinfeksi mengenai selaput lendir (mukosa) atau pembuluh darah orang lain. Selaput lendir ini melapisi berbagai rongga tubuh termasuk mulut dan hidung. Selain itu, hepatitis B akan lebih mudah menular jika saat berciuman, pasangan mengalami luka terbuka pada mulut atau di sekitar mulut, atau jika salah satu pasangan mengenakan kawat gigi.

Baca Juga: Obat Hepatitis

  • ISPA atau pilek

Pilek dapat menular melalui kontak langsung dengan virus lewat udara atau dalam cairan seperti ingus atau dahak yang terinfeksi.

  • Demam kelenjar

Penyaki ini ditandai dengan tenggorokan terasa panas, sakit kepala, demam dan nyeri di seluruh tuduh, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan ketiak. Meski pada umumnya tidak mendatangkan bahaya serius, tapi penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi buruk seperti pembesaran limpa, gangguan hati, anemia, penyakit jantung, atau komplikasi pada sistem saraf. Komplikasi ini umumnya berisiko terjadi pada orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh.

  • Infeksi herpes tipe HSV 1

Pada umumnya penyakit herpes tipe HSV 1 dapat ditularkan dari mulut ke mulut sehingga menyebabkan herpes oral, yaitu infeksi pada mulut dan bibir. Virus herpes simpleks penyebab infeksi ini dapat tersebar jika seseorang berciuman dengan pengidap, terutama jika terdapat luka melepuh pada pengidapnya, bahkan jika luka itu telah sembuh.

  • Cacar air

Penyaki yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini dapat ditularkan melalui kontak langsung seperti berciuman atau dari aliran udara yang dihirup.

  • Kutil

Disebabkan oleh virus HPV. Penyakit ini tidak hanya terdapat pada kelamin namun juga sering terjadi dibagian lidah, mulut, tenggorokan atau bibir. Kutil pada mulut dapat menular terutama ketika terdapat area yang terluka pada mulut.

  • Jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri meningokokus

Bakteri meningokokus dapat menyebabkan meningitis dan septikemia. Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang. Sedangkan septikemia dikenal juga dengan sebutan keracunan darah atau infeksi darah yang serius. Kondisi ini terjadi ketika infeksi bakteri masuk ke pembuluh darah. Jika tidak segera ditangani, septikemia dapat berkembang menjadi komplikasi berbahaya yang disebut dengan sepsis. Sepsis adalah peradangan seluruh tubuh yang dapat menyebabkan pembekuan darah dan terblokirnya oksigen menuju organ vital.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Amitabh Bachchan Melawan Hepatitis B

Nah, jadi itulah beberapa jenis penyakit yang ditularkan melalui ciuman bibir, semoga dengan adanya artikel ini anda lebih menjaga kesehatan mulut anda supaya terhindar dari jenis penyakit yang dapat menularkan kepada pasangan anda.

| Jenis Penyakit yang Ditularkan Melalui Ciuman Bibir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s