Kandungan dan Khasiat Pada Rumput Mutiara

Rumput mutiara dapat kita temukan di dekat selokan, tempat berair dan lembab. Tahukah anda rumput mutiara ternyata memiliki berbagai kandungan dan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Rumput mutiara memiliki kandungan asam uleanolat dan asam ursolat yang dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Selain itu, ada juga kandungan iridoid yang berkhasiat sebagai anti tumor, anti mikroba, dan antihepatotoksis. Salah satu mekanisme hepatoprotektif dari iridoid yakni dengan menstimulasi regenerasi hati dan pembentukan sel hati baru.

Baca Juga: Cara Alami Mengobati Penyakit Hepatitis Pada Anak

Selain kandungan tersebut, ada juga beberapa kandungan lainnya seperti hentriacontane, ursolic acid, beta-sitosferol, stigmasterol dan flavanoid glycosides. Dan dibawah ini beberapa khasiat dari kandungan rumput mutiara bagi kesehatan

Kandungan dan Khasiat Pada Rumput Mutiara

Kandungan dan Khasiat Pada Rumput Mutiara

Sebagai obat tradisional radang usus buntu

Cara membuatnya

  • Siapkan 50gr rumput mutiara
  • Cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga tersisa 2 gelas
  • Hasil rebusan diminum 2x sehari, masing-masing 1 gelas selama 7 hari.

Sebagai obat atasi sumbatan saluran sperma

Sumbatan saluran sperma terjadi karena adanya pengikatan saluran epididymis sehingga terjadi gumpalan sperma dan mengakibatkan nyeri pada zakar.

Cara membuatnya:

Rebus 30gr rumput laut mutiara dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas, setelah dingin saring hasil rebusan dan diminum 2x sehari, masing-masing 1 gelas. Ulangi minum selama 3-4 pekas.

Bermanfaat untuk penderita kanker
Terutama kanker Iymphosarcoma, kanker lambung, serviks, payudara, rektum dan kanker nasofaring.

Bahan yang disiapkan yaitu 50 gr rumput mutiara, lalu rebus dengan 14 gelas air hingga mendidih, biakan air hingga 2 gelas, lalu angkat. Saat dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Tersiram air panas
Ambil tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih. Rebus tanaman dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas. Setelah itu, olesi bagaian tubuh yang terkena air dengan lidah buaya setiap 1/2 jam sekali agar lukanya cepat sembuh.

Hepatitis
Cuci bersih 50 gr tanaman, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih, hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin saring ramuan dan minu 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.

Selain bisa dikonsumsi, ramuan dari rumput mutiara juga bisa digunakan langsung pada daerah luar seperti karena memar, pyodermi, gigitan ular, tersiram air panas, tulang patah, terkilir. Caranya yaitu dengan lumatkan herbal segar kemudian bubuhkan ditempat yang sakit.

Catatan: Bagi anda yang bermaksud menggunakan rumput mutiara. Sebaiknya berhati hati dalam mengkonsumsinya, maksimal 15 hingga 50 gram rumput mutiara direbus dengan air dan diminum 1 gelas aja karena jika anda mengkumsi terlalu banyak dapat menurunkan sel darah putih dan dapat menyebabkan kering pada mulut juga tengorokan

 

| Kandungan dan Khasiat Pada Rumput Mutiara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s