Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

Air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup. Bila air tercemar maka akan berdampak besar pada lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Air memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem. Namun, tidak jarang kepedulian akan lingkungan mereka abaikan sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem yang berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Pencemaran air terjadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang seenaknya membuang limbah atau membuang sampah ke sungai. Hasilnya, air menjadi tercemar dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Ada 3 jenis penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air, berikut dibawah ini akan kami jelaskan dengan rinci.

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

jenis penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air

  • Diare

Penyakit ini disebabkan oleh pencemaran air. Diare yang sudah parah dapat menyebabkan dehidrasi (kehilangan cairan) bahkan kematian. Diare bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia. Untuk mencegah terjadinya penyakit diare, sebaiknya sebelum Anda meminum air tersebut rebuslah terlebih dahulu air yang akan diminum untuk membunuh kuman bakteri dalam air.

Diare yang sudah parah ditandai dengan keluarnya darah, demam, muntah dan disentri. Gejala serupa juga ditemukan pada orang yang terserang kolera yang disebabkan bakteri vibrio chlorae atau orang yang terserang Amoebiasis.

Mengutip dari Newhealthadvisor, Jumat 25 Desember 2015 mengungkapkan bahwa penyakit hepatitis A disebabkan oleh vius dan menyerang hati Anda. Tidak hanya ditularkan melalui air yang tercemar, penyakit hepatitis A juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Gejala yang ditimbulkannya yaitu diare, sakit perut, mual, kelelahan dan depresi. Selain hepatitis, ada juga penyakit yang disebabkan oleh virus di air yang tercemar yaitu polyomavirus dan polio, dimana polyomavirus merupakan sejenis tumor yang menyerang manusia dan hewan. Sedangkan, polio merupakan virus yang menyerang aliran darah dan sistem saraf.

  • Keracunan timah

Kercaunan timah bisa disebabkan oleh pipa air yang sudah tua. Anak-anak yang terkena keracunan timah bukan hanya akan mengalami anemia dan hipertensi namun juga gangguan pada organ ginjal dan organ reproduksi. Selan itu, timah yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu sistem saraf. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengganti pipa air secara teratur dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Kandungan dan Khasiat Pada Rumput Mutiara

Jadi itulah beberapa gangguan kesehatan tubuh yang disebabkan oleh terjadinya pencemaran air. Kini, yang harus Anda lakukan adalah mencegah bagaimana supaya jenis-jenis penyakit tersebut tidak mengganggu kesehatan kita.

| Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s