Penyakit yang Disebabkan Oleh Kekurangan Protein

Protein merupakan unsur penting dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi dan peran penting dalam menjaga kesehatan serta keseimbangan tubuh manusia. Sehingga, bila tubuh Anda kekurangan protein maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan protein.

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kekurangan Protein

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kekurangan Protein

Marasmus

Adalah penyakit gizi buruk yang umum ditemukan pada bayi dibawah usia 1 tahun. Marasmus disebabkan oleh kekurangan protein penting serta karbohidrat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Penyakit ini termasuk penyakit mamatikan bila tidak segera ditangani dengan benar.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit gizi buruk ini diantaranya yaitu penurunan berat badan secara drastis, suhu tubuh sangat rendah, kulit menjadi keriput seperti manula, wajah menjadi lonjong dan terlihat lebih tuda dari umur semestinya, perut menjadi cekung dan anak menjadi kehilangan nafsu makan.

Kwashiorkor

Umumnya penyakit ini tidak mudah teridentifikasi dengan jelas dan sering menyerang anak-anak yang berusia sekitar 1 sampai 3 tahun. Gejalanya ditandai dengan

  • Anak mudah lelah
  • Terjadi pembengkakan pada bagian perut, punggung, kaki dan tangan.
  • Anak sering mengalami diare
  • Pandangan sayu
  • Rambut mudah rontok, tipis dan kusam
  • Hati penuh lemak, dan bengkak
  • Jika terjadi luka, maka tidak mudah sembuh.

Cachexia

Cachexia dapat memicu terjadinya komplikasi seperti kanker, gagal ginjal, penyakit menular bahkan menyebabkan kematian. Gejala penyakit kurang protein ini diantaranya cepat merasa lelah, otot rangka menjadi lebih tipis, berat badan turun drastistai dan tidak memiliki tenaga untuk beraktifitas

Gagal hati

Protein juga dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses regenerasi dari organ tubuh. Gagal hati merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan protein yang masuk dalam sel hati yang akan digunakan sebagai proses pembaharuan.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Gagal hati bisa ditandai dengan sering mual, hilangnya nafsu makan, kelelahan ekstrim, kulit dan mata menguning, perut menjadi lebih kembung dan bengkak, tubuh mudah memar dan berdarah, sering diare.

Penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh inti yang membutuhkan asupan protein tinggi. Bila asupan protein berkurang, maka jantung akan menjadi lemah, sesak napas, batuk-batuk, mudah lelah dan hilang nafsu makan.

Baca Juga: Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

Mengingat betapa pentingnya asupan protein, sebaiknya Anda selalu mencukupi kebutuhan protein untuk Anda dan keluarga Anda terutama untuk tumbuh kembang Anak.

 

| Penyakit yang Disebabkan Oleh Kekurangan Protein

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s