Pemicu Terjadinya Penyakit Liver

Penyakit liver adalah gangguan kesehatan yang menggerogoti organ hati. Mengingat betapa pentingnya organ hati bagi tubuh manusia. Jika hati terganggu, maka tubuh pun tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu, penting sekali untuk kita mengetahui apa saja pemicu terjadinya penyakit liver.

Pemicu Terjadinya Penyakit Liver

Pemicu Terjadinya Penyakit Liver

Tahukah Anda, penyakit liver bisa terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh hal-hal yang gampang kita temui disekitar lingkungan kita. Berikut ini pemicu terjadinya penyakit liver.

  • Penyakit liver karena virus

Virus yang menyerang hati dan menginfeksi hati dapat menimbulkan peradangan pada hati sehingga fungsi hati seperti membantu mencerna makanan dan membersihkan racun tidak secara maksimal. Virus hati dapat dikategorikan menjadi hepatitis A, B dan C. Virus hepatitis biasanya menyebar melalui darah, air mani dan makanan yang terkontaminasi.

  • Kelainan sistem kekebalan tubuh

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan pada bagian tertentu dalam tubuh atau autoimun dapat mengakibatkan penyakit liver. Contohnya : Hepatitis autoimun, primary biliary cirrhosis, Primary sclerosing cholangitis.

  • Faktor keturunan atau genetik

Gen abnormal yang diperoleh dari salah satu orang tua atau garis keturunan yang memiliki penyakit hati beresiko menularkannya dan menyebabkan kerusakan pada hati. Contoh penyakit hati yang disebabkan faktor keturunan adalah : Hemochromatosis, hyperoxaluria dan oxalosis, penyakit Wilson.

  • Penyakit liver karena kanker

ganasnya kanker tersebut membuat fungsi hati akan berkurang sangat cepat dan tidak bisa melakukan tugasnya sebagaimana mestinya. Contoh penyakit liver karena kanker : Kanker hati, kanker saluran empedu, hati adenoma.

  • Faktor lain

Pola hidup yang tidak sehat pun menjadi pemicu terjadinya penyakit liver, seperti misalnya penggunaan alkohol kronis dan gumpalan lemak yang memenuhi hati.

Baca Juga: Penyakit yang Disebabkan Oleh Kekurangan Protein

Itulah beberapa penyebab timbulnya penyakit pada liver. Maka dari itu, lebih perhatikanlah pola hidup Anda untuk mencegah penyakit liver.

| Pemicu Terjadinya Penyakit Liver

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s