Mengenal Khasiat dari Rumput Laut Bagi Tubuh

Seperti halnya ikan laut hingga lobster, mereka memiliki banyak khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan ternyata rumput laut juga memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dari ikan dan lobster. Berikut dibawah ini khasiat rumput laut bagi tubuh manusia.

Khasiat dari Rumput Laut Bagi Tubuh

Mengenal Khasiat dari Rumput Laut Bagi Tubuh

Menjaga kesehatan organ hati
Rumput laut jenis sargassum memiliki banyak sifat terapeutik dan kini jenis rumput ini sedang dipertimbangkan untuk digunakan dalam bidang farmasi. Tanaman laut ini juga terbukti bisa mencegah kerusakan pada organ hati. Rumput laut bisa dikombinasikan dengan sup, salad, sandwich dan sushi.

Menyehatkan otak
Gracilariopsis, rumput merah kaya akan arachidonic acid. Asam ini dapat meningkatkan perbaikan dan pertumbuhan jaringan otak. Asam arachidonic juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan neurologis.

Menyehatkan jantung
Mengonsumsi rumput laut juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Seperti terhindar dari darah tinggi, dyslipidemia, stres oksidatif, dan peradangan pembuluh darah.

Jumlah nutrisi tinggi seperti serat larut, peptida, phlorotannins, lipids, dan mineral, yang terkadung dalam rumput laut inilah yang menyehatkan jantung kita.

Antidiabetik
Kandungan polifenol yang tinggi dalam rumput laut bertanggung jawab untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh kita. Dengan demikian, ia bisa mengurangi tingkat glikogen yang terdapat didalam hati.

Melawan kanker
Enzim antioksidan dalam rumput laut terbukti dapat mencegah peningkatan jumlah radikal bebas dalam tubuh. Rumput laut juga secara khusus bisa melawan sel-sel kanker pada payudara.

Melawan infeksi
Antioksidan dan enzim di dalam rumput laut dapat mengeluarkan racun yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Bahkan, ia juga bisa memerangi peradangan lainnya dalam tubuh kita

Rumput laut juga bisa membantu untuk menyembuhkan gondok yang berpotensi menyebabkan masalah tiroid. Selain itu, terdapat beberapa jenis rumput laut yang cukup kuat untuk memperbaiki masalah kesehatan, seperti sakit tenggorokan hingga tumor.

Nah, jadi itulah khasiat dan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi rumput laut, bukan hanya kekayaan alam hewaninya saja, namun juga tanaman lautnya pun kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s