Manfaat Minum Air Hangat Dalam Bidang Kesehatan

Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang sudah dicampurkan dengan gula. Air yang sehat adalah air hangat, murni, jernih dan tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Selain air hangat yang murni, air hangat dicampurkan beberapa perasan lemon segar bisa semakin menyehatkan tubuh. Untuk mengatasi kondisi tertentu air hangat bisa dicampurkan menggunakan bahan-bahan lainnya. Berikut ini manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan.

Manfaat Minum Air Hangat Dalam Bidang Kesehatan

Manfaat Minum Air Hangat Dalam Bidang Kesehatan

Meredam rasa gatal di tenggorokan
Meminum segelas air hangat bisa meredakan gatal pada tenggorokan anda. Rasa hangat dari air tersebut dapat menetralisir virus batuk yang ada di dalam tenggorokan.

Menurunkan berat badan
Air hangat bisa bermanfaat untuk membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi sehat. Untuk kesehatan, mengkonsumsi air hangat bisa membuat berat badan ideal. Sedangkan untuk yang ingin menurunkan berat badan, air hangat dicampurkan dengan beberapa perasan lemon segar bisa menurunkan berat badan bahkan bisa sampai beberapa kilogram. Caranya adalah sebagai berikut ini :

Saat pagi hari, anda bisa memulai aktivitas anda dengan segelas air hangat. Jangan lupa campurkan perasan lemon. Gunakan saringan teh agar biji lemon tidak ikut masuk ke dalam air. Jangan makan dulu selama 15 menit agar air hangat dicampurkan perasan lemon bereaksi. Cara kerja dari air hangat perasan lemon ini adalah perasan air lemon akan memecah jaringan lemak menumpuk di dalam tubuh yang ada di beberapa bagian organ. Terutama di bagian lengan, paha dan juga perut.

Melegakan hidung dan tenggorokan
Saat pilek hidung pun akan tersumbat dengan ingus. Saat seperti itulah, anda membutuhkan air hangat. Air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokan anda dari dahak dan juga ingus. Air hangat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga bisa melegakan hidung dan tenggorokan.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Membantu detoksifikasi alami
Air hangat bisa bermanfaat untuk proses detok alami bagi tubuh. Detok merupakan cara tepat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita yang banyak tersimpan di usus.

Cara melakukan detok menggunakan air hangat adalah sebagai berikut ini:

  • Minumlah air hangat saat bangun tidur, usahakan agar tubuh anda menjadi berkeringat setelahnya.
  • Minumlah air hangat sebelum anda tidur, usahakan agar tubuh juga berkeringat. Jika air hangat belum bisa membuat berkeringat, tambahkan sedikit air panas.
  • Saat tubuh berkeringat, hal itu menandakan jika suhu tubuh anda sedang meningkat.
  • Saat suhu tubuh meningkat racun akan dikeluarkan melalui keringat, sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Lakukanlah secara teratur agar toksin bisa terbuang semua.
  • Tidak ada toksin di dalam usus bisa menghindari resiko terkena kanker usus. Terutama kanker usus besar dan kolorektal.
  • Hasil yang maksimal bisa ditambahkan dengan beberapa perasan lemon dan juga madu.

Membantu pergerakan usus
Waktu yang tepat untuk BAB adalah saat pagi hari. Usahakan untuk minum air hangat sehabis anda bangun tidur, hal itu dikarenakan saat pagi hari perut anda dalam kondisi kosong. Air hangat yang anda minum, bisa mencegah dehidrasi dan menguraikan sari makanan yang masih menempel di organ pencernaan. Air hangat juga bisa membuat partikel makanan menjadi lebih lembut. Partikel makanan yang lebih lembut membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat minum air hangat bagi kesehatan tubuh kita. Meski baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak terlalu dianjurkan terlalu sering meminum air hangat. Cukup pada waktu baik saja meminumnya dan mendapatkan khasiat yang tepat.

| Manfaat Minum Air Hangat Dalam Bidang Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s