Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri. Dan kandungan tersebut pastinya sangat berguna untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Dalam buku herbal Indonesia berkhasiat disebut bahwa daun serai juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, limonen, terpinol, borneol dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Obat Hepatitis

Sehingga tak heran, tumbuhan yang masuk kedalam salah satu bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati gangguan pencernaan
Jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti masuk angin, sakit perut, diare, dan kram usus. Cobalah untuk menikmati secangkir teh yang mengandung serai. Teh yang mengandung serai sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, obat tradisional juga dapat membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

Mencegah kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Selain itu, pada tahun 2006 yang lalu, sebuah peneliti dari University Gurion di Israel menemukan bahwa senyawa dalam tubuh serai bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda rutin mengkonsumsi teh jahe untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

Detoksifikasi
Sifat detoksifikasi tubuh yang terkandung dalam serai ini bekerja dengan cara meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Jika buang air kecil teratur maka hal ini dapat membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal dan kandung kemih lebih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah dibuang lewat urine.

Menurunkan tekanan darah
Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, Anda bisa mengobatinya dengan jus serai secara teratur. Kandungan serai yang Anda konsumsi dapat merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah.

Mengatasi haid dan nyeri
Selain menghangatkan perut, teh serai juga dapat membuat perut lebih tenang dan tidak nyeri. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis dan nikmat pada teh jahe yang Anda konsumsi.

Meningkatkan fungsi saraf
Minyak esensial dari serai juga dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Sebab minyak ini dapat memberikan efek hangat serta dapat melemaskan dan meredakan otot yang kejang.

Sebagai Analgesik
Jika Anda mengalami peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri, cobalah untuk memanfaatkan teh serai untuk mengatasinya. Serai juga mengandung sifat analgesik yang dapat membantu untuk meredakan rasa sakit dan nyeri.

Nah, jadi itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat mengkonsumsi ramuan serai sebagai alternatif menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

| Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s