Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Hati adalah organ padat terbesar dalam tubuh kita yang memiliki fungsi untuk menjaga darah agar tetap bersih, menghasilkan empedu dan mengakumulasi glikogen untuk menghasilkan energi. Hal ini membuktikan bahwa organ hati sangat vital, sehingga jika terjadi masalah kesehatan, maka Anda akan berada dalam risiko serius. Namun, sayangnya banyak hal yang bisa membuat organ hati menjadi rusak, tetapi kebanyakan orang tidak menyadarinya. Maka dari itu, mari kita kenali gejala awal kerusakan hati yang sering diabaikan.

Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Kulit menguning
Jika hati Anda tidak cukup kuat atau rusak, maka ia tidak akan dapat memroses racun dari makanan yang Anda konsumsi. Ini akan menyebabkan bilirubin terakumulasi, yang bisa membuat warna kulit Anda menjadi menguning

Perubahan urine dan kotoran
Jika dokter menemukan beberapa perubahan warna atau komposisi, berarti Anda memiliki beberapa masalah hati. Jika urine Anda berbusa dan gelap, atau tinja Anda berwarna pucat, Anda harus periksakan ke dokter sesegera mungkin.

Artikel terkait: obat hepatitis

Kembung
Jika Anda mengalami kembung secara tiba-tiba, ini bisa menjadi tanda Anda memiliki masalah dengan organ hati. Hati yang rusak akan menahan cairan, yang menyebabkan perut Anda menjadi kembung.

Timbul rasa sakit
Jika Anda menderita kram di perut atau rasa sakit yang tajam, kemungkinan Anda memiliki beberapa masalah dengan organ hati. Fungsi hati yang terganggu dapat menimbulkan rasa sakit di perut. Dalam kasus Anda merasakan sakit di sisi kiri perut, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Refluks asam dan muntah
Jika jumlah refluks asam meningkat, berarti Anda menderita masalah hati. Ketika hati rusak, hal ini akan mendorong cairan pencernaan di kerongkongan, yang mengarah pada refluks asam dan pencernaan yang buruk. Kondisi pencernaan yang buruk, pada akhirnya dapat menyebabkan muntah.

Itulah beberapa gejala awal yang bisa saja terjadi saat organ hati Anda mengalami masalah kesehatan. Jangan tunggu lama lagi, segera lakukan pemeriksaan saat itu juga.

| Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s