Berikut Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan sangat banyak sekali. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang sudah dicampurkan dengan gula. Air yang sehat adalah air hangat, murni, jernih dan tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Selain air hangat yang murni, air hangat dicampurkan beberapa perasan lemon segar bisa semakin menyehatkan tubuh. Untuk mengatasi kondisi tertentu air hangat bisa dicampurkan menggunakan bahan-bahan lainnya. Berikut ini manfaat minum air hangat bagi kesehatan.

Berikut Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Berikut Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Detok Alami
Air hangat bisa bermanfaat untuk proses detox alami bagi tubuh. Detox merupakan cara tepat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Untuk melakukan satu kali detoksifikasi membutuhkan biaya yang mahal, namun juga harus dibarengi dengan produk-produk penunjang pengeluaran racun. Sekarang ini anda bisa melakukan detok secara gratis dan mudah. Yaitu dengan menggunakan air hangat. Cara melakukan detox menggunakan air hangat adalah sebagai berikut ini:

  • Minumlah air hangat saat bangun tidur, usahakan agar tubuh anda menjadi berkeringat setelahnya.
  • Minumlah air hangat sebelum anda tidur, usahakan agar tubuh juga berkeringat. Jika air hangat belum bisa membuat berkeringat, tambahkan sedikit air panas.
  • Saat tubuh berkeringat, hal itu menandakan jika suhu tubuh anda sedang meningkat.
  • Saat suhu tubuh meningkat racun akan dikeluarkan melalui keringat, sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Lakukanlah secara teratur agar toksin bisa terbuang semua.
  • Tidak ada toksin di dalam usus bisa menghindari resiko terkena kanker usus. Terutama kanker usus besar dan kolorektal.
  • Hasil yang maksimal bisa ditambahkan dengan beberapa perasan lemon dan juga madu.

Membantu pergerakan usus
Usahakan untuk minum air hangat sehabis anda bangun tidur, hal itu dikarenakan saat pagi hari perut anda dalam kondisi kosong. Air hangat yang anda minum, bisa mencegah dehidrasi dan menguraikan sari makanan yang masih menempel di organ pencernaan. Air hangat juga bisa membuat partikel makanan menjadi lebih lembut. Partikel makanan yang lebih lembut membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar.

Artikel terkait: Obat Hepatitis

Melancarkan pencernaan
Air hangat bisa menyebabkan pencernaan tetap lancar, berbeda dengan air es. Air hangat juga mampu membuat makanan terserap sempurna, melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah di dalam tubuh manusia bukan malah menggumpalkan atau penimbunan. Sisa makanan yang dicerna oleh tubuh dijadikan dalam partikel-partikel kecil, sehingga memudahkan usus untuk membuangnya melalui feses.

Meringankan nyeri perut akibat menstruasi
Saat menstruasi, rahim sedang mengeluarkan darah kotor yang melekat di dinding rahim. Pelepasan sel darah kotor dari dinding rahim tersebut diduga yang menjadi penyebab timbulnya kram atau nyeri perut. Saat menstruasi, tidak boleh mengkonsumsi air es. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

Darah kotor tidak bisa terlepas dengan sempurna dari dinding rahim.
Darah kotor yang tidak bisa keluar dari rahim justru terus menempel di dinding rahim.
Jika darah kotor terus menumpuk tanpa bisa dikeluarkan semua, bisa menyebabkan kista, tumor bahkan kanker.

Untuk menghindari semua itu anda harus mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa memudahkan darah kotor terlepas sempurna tanpa sisa di dinding rahim. Air hangat juga memudahkan kerja rahim untuk melepaskan sel darah kotor tersebut. Semakin mudah rahim untuk melepaskan darah kotor, semakin ringan pula nyeri yang akan dirasakan

Melancarkan Peredaran Darah
Air hangat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Air panas bisa melebarkan pembuluh darah . Jika pembuluh darah melebar, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

Tidak hanya itu, minum air hangat juga memberikan kesehatan bagi sistem saraf, menenangkan dan menghilangkan stress, meredakan kaki kram, menghilangkan kantuk dan membangkitkan semangat. Maka dari itu, biasakan untuk meminum air hangat sehabis bangun tidur untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

| Berikut Ini Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s