Pengobatan Tradisional Penyakit Hepatitis Dengan Daun Sukun

Didalam bidang kesehatan, daun sukun memiliki tingkat keefektifan sebagai obat yaitu untuk mengobati penyakit hepatitis, liver, gatal-gatal, pembersihan limpa, jantung, ginjal, dan sakit gigi. Bahkan di masyarakat Ambon lebih sering memanfaatkan kulit batang tanaman sukun sebagai obat yang alami untuk mencairkan darah bagi wanita yang baru melahirkan.

manfaat daun sukun untuk hepatitis

Pohon sukun yang merupakan salah satu jenis pohon yang mudah untuk ditemukan apalagi di daerah pedesaan. Tumbuhan yang dapat tumbuh besar ini memiliki daun lebar serta buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai olahan. Selain itu, daun sukun juga telah diteliti dan ditemukan berbagai macam khasiat, salah satunya untuk penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis yang berbahaya ini dapat menyerang pada salah satu organ yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu hati.

Artikel terkait : Obat Hepatitis

Penyebab Terjadinya Penyakit Hepatitis

Pada umumnya, masyarakat mengetahui bahwa penyakit hepatitis memiliki 3 kelompok, yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C. Salah satu penyebab munculnya penyakit hepatitis yaitu adanya virus yang terdapat pada makanan sehingga masuk ke dalam tubuh. Selain itu, terjadi karena organ hati yang melakukan pekerjaan terlalu berat dan adanya pengaruh radikal bebas dari makanan yang kurang sehat sehingga masuk ke dalam tubuh. Penyakit hepatitis yang telah menyerang organ hati maka akan merusak sel-sel yang ada didalam organ hati.

Gejala Terjadinya Penyakit Hepatitis

Hati yang merupakan organ yang sangat penting karena berperan penting dalam menetralisi semua racun yang masuk ke dalam tubuh yang disebabkan oleh makanan. Organ hati yang memiliki fungsi dalam pencernaan gizi makanan seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu juga berperan untuk melakukan metabolisme tubuh. Saat organ hati mengalami kerusakan yang disebabkan oleh penyakit hepatitis, maka semua fungsi hati akan terganggu. Biasanya jika orang yang mengalami hepatitis akan merasakan lemah, tidak berenergi, dan demam.

Pengobatan Hepatitis Dengan Daun Sukun

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa daun sukun memang memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit hepatitis. Dengan mengolah daun sukun sebagai obat tradisional. Berikut terdapat dua cara untuk menjadikan daun sukun sebagai obat tradisional penyakit hepatitis, yaitu :

# Cara Pertama

  • Siapkan daun sukun yang sudah berwarna kuning, empu, kunyit putih dan kunig, air 600 ml, gula aren, dan garam secukupnya.
  • Cuci semua bahan yang sudah disiapkan tadi, kemudian potong-potong kecil.
  • Rebus air, dan masukkan semua bahan (kecuali gula aren dan garam).
  • Saring air rebusan tersebut.
  • Tambahkan gula aren dan garam untuk menjaga daya tahan tubuh, serta menurunkan tekanan darah.
  • Minum dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

# Cara Kedua

  • Cuci daun sukun yang sudah berwarna kuning.
  • Rajang daun sukun hingga menjadi potongan kecil, kemudian rebus ke dalam air sekitar 1600 ml hingga mendidih dan menjadi kurang lebih 400 ml.
  • Saring kedalam gelas.
  • Setelah air tersebut dingin, dapat diminum. Supaya mendapatkan hasil yang efektif maka dapat diminum 3 kali sehari setelah makan.

Itulah cara pengobatan secara tradisional dengan menggunakan daun sukun. Dari cara pengobatan yang telah ada, maka beberapa penyakit dapat diatasi dengan menggunakan daun sukun, salah satunya yaitu penyakit hepatitis. Semoga bermanfaat.

| Pengobatan Tradisional Penyakit Hepatitis Dengan Daun Sukun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s