Ketahui Bahaya Penyakit Hepatitis A Pada Anak

Apa itu Hepatitis A?

Hepatitis A adalah sebuah penyakit yang dapat menyebar melalui kotoran ataupun makanan namun bukan melalui aktivitas atau darah. Jenis hepatitis A ini termasuk yang paling sering ditemukan pada anak. Biasanya virus dari hepatitis A ini disebarkan melalui makanan atau minuman tercemar virus yang dikonsumsi oleh anak.

hepatitis A pada anak

Para penderita hepatitis A ini bisa saja berkelanjutan dikarenakan termasuk pada golongan penyakit akut. Apabila tidak ditangani dengan segera maka dapat menimbulkan penyakit hepatitis fulminant (jenis hepatitis berat), yang akan mengalami gejala pada anak yaitu perubahan warna kulit menguning, atau bahkan bisa saja mengalami hilangnya kesadaran hingga kejang-kejang.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Gejala Hepatitis A Pada Anak

Hepatitis A merupakan bukan penyakit yang berbahaya jika imunitas didalam tubuhnya dapat melawan virus yang menyerang, namun apabila anak mengalami penurunan imunitas maka akan membahayakan pada kondisi sang anak.

Gejala yang dialami oleh si kecil yang menderita penyakit hepatitis A yaitu demam yang disertai dengan lemas, mengalami pusing bahkan mual dan muntah. Virus hepatitis A yang disebarkan melalui makanan dan juga minuman yang telah terinfeksi virus sehingga dapat menyebabkan sang anak mengalami sakit perut sebelah kanan atas serta warna urine yang berubah menjadi seperti air teh. Akan mengakibatkan kurang nafsu makan dikarenakan kondisi yang tidak nyaman. Untuk kondisi pada umumnya saat kulit akan berubah warna menjadi kuning.

Gejala yang dialami oleh anak yang menderita penyakit hepatitis A bukanlah gejala suatu penyakit melainkan respon dari imunitas tubuh yang bekerja dengan baik saat melawan virus yang berada pada sel hati. Sedangkan pada anak yang berusia dibawah 5 tahun mengalami kondisi terlihat samar karena imunitas tubuh belum begitu sempurna sehingga gejala tidak terlihat mencolok.

Pencegahan Hepatitis A Pada Anak

Untuk mempercepat dalam penyembuhan alangkah baiknya lakukan pemeriksaan bertujuan untuk memperkuat sistem imun pada anak. Berikut ada beberapa cara pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari infeksi hepatitis A :

| Baca juga : Obat Hepatitis A Akut Untuk Anak Dan Dewasa

Perhatian Kebersihan Lingkungan

Penyebaran virus hepatitis A yaitu dapat melalui tinja atau kotoran pada penderita sebelumnya. Apabila kebersihan lingkungan seperti sistem sanitasi lingkungan kurang baik, maka penyebaran virus akan dengan mudah menyerang pada anak.

Pengolahan Makanan

Mengolah makanan yang baik dan juga benar serta menjaga kebersihan dalam proses memasak adalah cara yang terbaik dalam menjaga kebersihan termasuk dalam menjaga kebersihan anak dari berbagai infeksi virus hepatitis A.

Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Apabila Bunda sangat mengakhawatirkan si kecil dalam membeli makanan bebas, tidak ada salahnya untuk memberikan bekas kepada sang anak. Karena salah satu media dari penyebaran virus hepatitis ini adalah pada makanan yang tidak steril sehingga mudah untuk tercemar virus hepatitis A.

Pemberian Vaksin Hepatitis A

Pada anak berusia 2 tahun diberikan vaksin hepatitis A. Kemudia diulang lagi pada usia 6 bulan sampai 12 bulan dari pemerian vaksin pertama. Hal tersebut untuk membuat pertahanan tubuh sehingga diberikan 2 kali pada anak.

Biasakan Untuk Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan merupakan salah satu kebiasaan yang sangat mudah namun sering kali terabaikan. Benda yang telah disentuh akan berpotensu dalam menyebarkn virus dan juga bakteri sehingga mencuci tangan merupakan kegiatan yang sangat penting. Usahakan untuk tidak menggunakan secara bersamaan seperti peralatan handuk, sikat gigi, dan gunting kuku, untuk menjaga kesehatan serta kebersihan sebagai pelindung diri.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit hepatitis A pada anak. Lakukan tindakan pencegahan sejak dini, semoga bermanfaat 😉

| Ketahui Bahaya Penyakit Hepatitis A Pada Anak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s