Efek Terapi Bekam Untuk Penyakit Hepatitis Kronis

Hepatitis merupakan penyakit radang hati yang menyerang pada hati atau liver. Hampir sebagian penduduk dunia memiliki bibit virus hepatitis bahkan dalam beragam varian didalam tubuhnya, tetapi tidak semua akan mengalami infeksi ataupun terkena serangan virus hepatitis tersebut.

efek terapi bekam untuk hepatitis kronis

Hepatitis dibagi dalam 2 bagian besar penyebab meskipun yang menginfeksikannya yaitu virus hepatitis itu sendiri :

1. Penyebab Viral
Penyebab dari infeksi hepatitis jenis ini yaitu virus tanpa adanya pemicu dari yang lain.

2. Penyebab Non Viral
Penyebab dari infeksi hepatitis jenis merupakan virus hepatitis tetapi kondisi dari infeksi di permudah dengan melemahnya fungsi liver atau kekebalan tubuh secara umumnya, yang dikarenakan adanya asupan makanan maupun minuman yang dapat menyebabkan virus hepatitis sehingga akhirnya akan menginfeksi tubuh serta menyebabkan hepatitis.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Gejala Hepatitis Kronis

  • Munculnya rasa kelelahan dan malas.
  • Terjadi muntah darah
  • Pembesaran liver dan limpa.
  • Kadar getah empedu kuning meningkat sehingga penderita hepatitis akan terkena penyakit kuning.
  • Ditemukan kadar enzim-enzim hati yang meningkat dalam sehingga banyak kasus hepatitis kronis.
  • Akibat tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah porta maka akan timbul varises esofagus, dan mungkin akan terjadi pembengkakan pada bagian perut.

Berikut Efek Terapi Bekam Untuk Penyakit Hepatitis Kronis :

1. Efek melakukan terapi bekam terhadap penyakit hepatitis kronis yaitu berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu mengatasi virus.

2. Terapi bekam dapat menstimulasi sirkulasi darah dalam lobus-lobus hati dengan melalui zat nitrit oksida (NO) yang berperan sebagai memperluas pembuluh darah serta melancarkan suplay darah dengan cara melimpahkan pada sel-sel, mencegah kematian sel pada bagian tepi kelompok sel hati serta sel-sel yang terinfeksi.

3. Terapi bekam berpengaruh positif pada sel karena dengan terapi bekam dapat membersihkan sel dari virus yang telah berhasil menembusnya sehingga pada sel-sel akan kembali berfungsi sempurna.

4. Bekam berperan untuk mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah portal pada hati sehingga dapat mencegah terjadinya varises esofagus serta pembengkakan limpa dan juga perut.

5. Efek terapi bekam terhadap penyakit hepatitis kronis yaitu dapat ditemukan bahwa enzim-enzim pada hati mulai berkurang setelah dilakukannya terapi bekam. Karena hal ini menunjukkan bahwa sel-sel pada hati telah berfungsi dengan lebih baik. Bahkan ditemukan juga jumlah virus dalam sebagian besar kasus berkurang. Pada kondisi ini terjadinya peningkatan pada kekebalan tubuh.

Perlu diketahui melakukan terapi bekam terhadap penyakit hepatitis kronis

– Penderita harus menjaga pola makan yang sehat, menghindari makanan berlemak, merokok, dan mengkonsumsi alkohol.

– penderita hepatitis diharuskn untuk rutin mengkonsumsi obat yang telah dianjurkan oleh dokter, serta tidak ada kontradiksi antara obat-obatan dengan terapi bekam.

– Penderita hepatitis disarankan untuk menggunakan sarana pengobatan lain.

– Penderita hepatitis diharuskan untuk mengulang pemeriksaan yang telah diperlukan dari waktu ke waktu karena untuk memastikan pada fungsi hati.

Eksperimen dan Hasil Terapi

Pada fungsi hati akan meningkat secara nyata setelah melakukan terapi bekam pada penderita hepatitis. Jumlah virus pun akan berkurang, namun terapi bekam harus dilakukan secara rutin sebulan sekali sehingga fungsi hati akan kembali normal. Setelah itu akan dilakukan pembekaman pada setiap dua bulan sekali. Apabila sudah terjadi fibrosis pada beberapa sel maka akan bekam akan berperan melindungi sel-sel yang sehat supaya tidak mengalami fibrosis serta menstimulasi aktivitasnya.

| Efek Terapi Bekam Untuk Penyakit Hepatitis Kronis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s