Komplikasi Diabetes Dapat Menyebabkan Infeksi Virus Hepatitis C

Semakin lama penyakit diabetes menjadi penyakit umum. Meskipun kebiasaan gaya hidup yang sehat dapat membantu untuk mencegah diabetes, namun melakukan pola makan yang buruk juga bukan menjadi penyebab dari adanya diabetes.

Virus hepatitis C juga sering dikaitkan dengan penyakit diabetes, dan pada beberapa orang bahkan dapat mengalami hepatitis kronis. Hepatitis C merupakan suatu infeksi virus C yang terjadi pada organ hati sehingga menyebabkan hati menjadi bengkak akibat dari peradangan sel-sel hati. Pada keadaan ini maka akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati. Virus dari hepatitis C ini dapat ditularkan dengan melalui darah, dan dianggap lebih berbahaya karena tidak ada vaksin untuk virus ini. Hepatitis C akan mencegah hati dengan melakukan fungsi normalnya, termasuk untuk mencerna makanan, mencegah infeksi, menyimpan nutrisi dan energi, dan membersihkan zat kimia dari aliran darah.

Artikel terkait : Obat Hepatitis

Hubungan Hepatitis C dan Diabetes

komplikasi dabetes terhadap hepatitis

Selain mengganggu pada fungsi hati, ternyata hepatitis C dapat menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2. Biasanya diabetes tipe 2 terjadi akibat hepatitis C kronik (penyakit terjadi dalam waktu yang lama). Dan hal ini terjadi akibat dari salah satu gangguan fungsi hati yaitu gangguan penyimpanan glukosa, yang dimana hati tidak akan mampu untuk menyimpan kelebihan glukosa yang ada didalam darah sehingga kadar gula akan meningkat (hiperglikemia).

Sebaliknya, diabetes juga dapat menyebabkan terjadinya hepatitis C, dan hal ini terjadi karena kadar gula yang sangat tinggi serta tidak terkontrol dalam waktu yang lama dan menyebabkan hati menjadi harus bekerja lebih keras sampai terjadi meradang. Menurut salah satu studi the American Diabetes Assocation (ADA), terdapat sekitar 80% penderita diabetes telah mengalami penumpukkan glukosa yang berlebih pada hati sehingga menyebabkan hati menjadi lebih sulit untuk melawan berbagai macam infeksi termasuk pada infeksi virus hepatitis C.

Komplikasi

Apabila menderita diabetes dan juga hepatitis C maka juga akan menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi lain seperti sirosis hati (dapat menyebabkan meningkatnya kadar insulin yang dapat mempengaruhi pengobatan diabetes), serta gagal pada hati yang berakibat fatal. Meskipun tidak semua pada penderita hepatitis C mengalami diabetes ataupun sebaliknya, namun akan tetap beresiko lebih tinggi. Maka dari itu penderita sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan sejak dini sehingga akan dapat mendeteksi pada gangguan dan mendapatkan pengobatan cepat.

Insulin dan Pengobatan Virus Hepatitis C

Sangat penting untuk menggunakan insulin seperti yang telah direkomendasikan oleh dokter apabila memiliki penyakit diabetes. Namun jika Anda mengalami penyakit hepatitis C, maka dalam penggunaan insulin akan menjadi rumit dan harus dipertimbangkan kembali. Karena insulin dapat menyebabkan perubahan pada metabolisme hati serta menurunkan kemampuan organ hati dalam melawan berbagai macam infeksi.

Tindakan Pencegahan Virus Hepatitis Akibat Diabetes

Berikut beberapa tindakan dalam pencegahan yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya hepatitis serta tejadinya kerusakan pada organ hati, antara lain :

– Pastikan untuk mengurangi berat badan apabila memiliki masalah pada kelebihan berat badan Anda.

– Tidak terlalu dekat dengan penderita hepatitis karena penyakit hepatitis tergolong penyakit menular dan pada penderita diabetes akan lebih mudah tertular dengan penyakit tersebut.

– Mencegah penyakit hepatitis dengan cara meningkatkan antibodi, serta mendapatkan vaksinasi hepatitis untuk meningkatkan antibodi.

Baca juga : Ketahui Pentingnya Pemberian Vaksinasi Hepatitis B

Apabila Anda menjalankan semua tindakan pencegahan secara disiplin, maka Anda juga akan terbebas dari masalah kerusakan organ hati serta hepatitis akibat dari diabetes tesebut.

| Komplikasi Diabetes Dapat Menyebabkan Infeksi Virus Hepatitis C

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s