Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Hepatitis B

Hepatitis B adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan harus segera diatasi, karena jika penyakit ini dibiarkan maka akan menyebabkan penyakit kanker. Penyakit hepatitis B disebabkan oleh adanya virus HBV alias Hepatitis B Virus.

Bagi penderita penyakit hepatitis, apabila sedang dalam melakukan pengobatan maka untuk mengobati penyakit hepatitis tersebut, perlu ketahui memang sangatlah penting apa saja pantangan-pantangan yang harus dihindari supaya penyakit hepatitis tersebut dapat sembuh. Salah satu pantangan yang harus diketahui yaitu dari segi makanan. Karena makanan adalah faktor paling utama yang dapat menunjang pada proses kesembuhan.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

pantangan makanan bagi hepatitis

Berikut Pantangan Makanan Bagi Penderita Hepatitis :

1. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Penderita penyakit hepatitis diharuskn untuk menjauhi makanan yang memiliki kandungan minyak tinggi. Dan salah satu makanan yang memiliki lemak tinggi seperti gorangan, jeroan, daging kambing, es krim, makanan bersantan, dan susu full krim. Karena pada makanan yang mengandung minyak bersifat berbahaya pada organ hati.

2. Makanan yang menimbulkan gas

Makanan yang dapat menimbulkan gas yaitu seperti ubi, kacang merah, mentimun, durian, nangka, lobak, dsb. Alangkah baiknya makanan tersebut dihindari oleh penderita penyakit hepatitis karena dapat menimbulkan gas yang bersifat panas untuk organ hati apabila dikonsumsi.

3. Makanan atau minuman yang bersoda dan mengandung alkohol

Makanan atau minuman yang bersifat soda atau mengandung alkohol sangat tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita penyakit hepatitis. Dari kedua makanan atau minuman tersebut sangat cepat dalam merusak organ hati, karena memiliki kandungan gas yang cukup besar.

4. Makanan yang memiliki rasa dan aroma tinggi

Pada jenis makanan ini yaitu seperti makanan pedas yang ditimbulkan dari bahan masakan yaitu lada, merica, bawang bombay, cuka, dsb. Dari semua jenis makanan tersebut bersifat panas untuk organ hati, dan akan lebih merusak hati apabila terus dikonsumsi.

Itulah beberapa jenis makanan sebagai pantangan bagi penderita penyakit hepatitis. Menghindari makanan yang telah disampaikan diatas akan berguna untuk meringankan penyakit tersebut yang sedang dialami.

| Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Hepatitis B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s