5 Macam Buah-buahan yang Baik Untuk Penderita Liver

Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang termasuk kronis dan cukup mengerikan karena dapat menyebabkan kematian. Fungsi dari hati merupakan organ yang mampu memproduksi berbagai zat kimia yang snagat diperlukan oleh organ tubuh lainnya ketika melakukan metabolisme. Saat hati sudah tidak dapat berfungsi lagi dengan baik maka kinerja tubuh secara keseluruhan juga akan berpengaruh dengan adanya gangguan tersebut. Penyebab penyakit liver yaitu oleh virus yang menyerang organ hati.

Namun berikut terdapat faktor yang menjadi resiko terjadinya penyakit liver, antara lain :

  • Pola hidup yang tidak sehat.
  • Akibat mengkonsumsi makanan yang kurang sehat atau higienis.
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat tertentu secara berlebihan.
  • Pola makan yang tidak teratur atau tidak seimbang.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Maka dari itu lakukan pola makan yang sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan untuk penyakit liver sehingga tidak akan menimbulkan tingkat keparahannya.

buah-buahan untuk penderita liver

5 Buah-buahan Untuk Penyakit Liver

Ada 5 macam buah-buahan bagi penderita penyakit liver yang dapat dikonsumsi untuk membantu dalam proses penyembuhan dan pencegahan penyakit liver, diantaranya :

1. Alpukat

Ketika organ hati terserang virus hepatitis yang dapat menyebabkan liver maka organ hati sangat perlu dibersihkan dari racun atau senyawa berbahaya yang terdapat pada hati. Kandungan zat glutathione pada buah alpukat sangat efektif untuk membersihkan kandungan racun dalam organ hati. Selain itu juga alpukat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh sangat mambantu untuk penderita liver dalam menekan kolesterol jahat.

2. Pisang

Pisang juga termasuk buah obat liver yang sangat cukup dalam menunjang proses penyembuhan penyakit organ hati. Pisang yang kaya akan zat-zat baik yang berupa vitamin dan nutrisi lainnya, serta dapat dikonsumsi setiap hari.

3. Pepaya

Pepaya yang dapat dimakan langsung juga sangat bermanfaat dalam pencegahan kerusakan hati. Tekstur dari pepaya yang lembut sangat memudahkan pada organ lambung dalam mencerna buah tersebut sehingga dalam penyerapan zat pada pepaya akan semakin mudah untuk menjalar ke seluruh organ tubuh.

4. Jeruk Lemon

Menurut kepercayaan jeruk lemon mengandung asam buah yang buruk bagi penderita penyakit liver atau lambung, tetapi ternyata jeruk lemon juga memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat membantu secara optimal dalam proses detoksifikasi dalam hal yang terinfeksi virus.

5. Semangka

Sama halnya dengan buah jeruk lemon, pada buah semangka juga termasuk dalam buah untuk penderita penyakit liver karena didalamnya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu juga mampu menangkal radikal bebas yang telah mengendap pada organ hati.

Itulah beberapa 5 macam buah-buahan yang baik dan memiliki khasiat yang luar biasa bagi penderita penyakit liver. Semoga bermanfaat.

| 5 Macam Buah-buahan yang Baik Untuk Penderita Liver

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s