Terapi Sinar Biru Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Sebagai orang tua yang baru saja melahirkan tentu saja bukan suatu pilihan jika sang anak menderita penyakit kuning. Namun tidak perlu khawatir karena relatif normal bagi bayi yang baru lahir kerap mengalaminya dan dapat disembuhkan.

Penyakit kuning merupakan suatu kondisi yang biasa terjadi pada bayi baru lahir, namun bersifat sementara dan tidak berbahaya. Penyakit kuning dapat terjadi pada bayi yang cukup bulan atau bayi lahir prematur, dan biasanya akan mulai terlihat pada satu minggu awal hari pertama kelahiran bayi tersebut. Penyakit kuning juga dapat terjadi saat ada pembangunan dari sunsitusi alami yang terdapat dalam darah disebut dengan “bilirubin”. Bilirubin adalah sebuah pigment didalam darah yang memiliki warna merah atau orange. Bilirubin tersebut diproduksi sebagai pemecahan yang normal dari sel-sel darah merah.

terapi sinar biru mengatasi penyakit kuning

Normal bagi semua orang memiliki bilirubin dengan level rendah didalam darah. Sebagaimana bilirubin akan mulai terbentuk, substansi tersebut akan tersimpai dalam jaringan lemak dibawah kulit sehingga mengakibatkan kulit bayi dan mata bagian putihnya terlihat kekuningan.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Perawatan Sinar Biru atau Phototherapy

Secara medis, bayi yang mengalami penyakit kuning akan dilakukan terapi sinar biru, yang disebut dengan Phototherapy.
Phototherapy adalah terapi yang menggunakan penyinaran dengan insensitas tinggi yaitu 425-475 nm untuk menghilangkan bilirubin dalam tubuh. Terapi ini dilakukan karena jika bilirubin tidak langsung terlalu tinggi, maka akan mengakibatkan penumpukan pada bagian otak serta menyebabkan gejala gangguan saraf bahkan kematian.

Pada bayi prematur, phototherapy akan dilakukan jika :

  • Berat badan bayi kurang dari 1000g.
  • Kadar bilirubin tak langsung 7-9mg/dl pada berat badan 1000-1500g.
  • Kadar bilirubin tak langsung 10-12mg/bl pada berat badan 1500-2000g.
  • Kadar bilirubin tak langsung 13-15mg/dl pada berat badan 2000-2500g.

Sedangkan pada bayi matur atau sesuai dengan usia kehamilan normal, phototherapy dilakukan jika :

  • Bayi kuning < 24 jam setelah lahir.
  • Bayi usia 24-28 jam, kadar bilirubin tak langsung 15-18mg/dl.
  • Bayi usia 48-72 jam, kadar bilirubin tak langsung 18-20mg/dl.
  • Bayi usia > 72 jam kadar bilirubin tak langsung > 20mg/dl.

Phototherapy dilakukan pada bayi yang lahir prematur dibaringkan ke dalam incubator, sedangkan pada bayi matur pada ranjang dalam keadaan telanjang. Diatasnya akan dipasang alat yang memiliki lampu pemancar sinar dengan intensitas tinggi. Sinar tersebut akan menguraikan bilirubin tak langsung menjadi zat yang dapat dibuang dari tubuh dengan melalui air kencing atau empedu. Selama penyinaran berlangsung, mata dan alat kelamin akan ditutup bertujuan untuk menghindari kerusakan pada retina serta perubahan struktur genetic pada alat reproduksi. Perlu diketahui dan diingat bahwa terapi sinar biru atau phototherapy hanya dapat digunakan untuk bilirubin tak langsung saja.

Baca juga : Obat Penyakit Kuning Alami Untuk Anak dan Dewasa

Phototherapy akan dikatakan berhasil jika kadar bilirubin tak langsung turun sesuai dengan kadar normalnya tergantung pada usia dan berat badan terkait. Namun perubahan warna kulit bukan menjadi indikator keberhasilan terapi.

Efek samping phototherapy

Terapi sinar biru mengandung spektrum sinar bir, yang merupakan bagian dari spektrum cahaya dengan kekuatan gelombang terbaik. Efek dari radiasinya cukup tajam tetapi bersifat lembut dari spektrum cahaya merah dan kuning sehingga akan lebih efektif menembus pada lapisan kulit, serta efektif memecahkan sel-sel pengikat dari cairan bilirubin tetapi tidak membahayakan bagi sang bayi.

Penggunaan sinar biru ini belum ada laporan mengenai efek sampingnya. Bahkan phototherapy menjadi standar internasional untuk menangani keluhan pada bayi kuning.

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa terapi ini menjadi langkah pertama dalam menangani menghilangkan bilirubin dengan cepat. Namun terapi tersebut tidak bisa mengatasi masalah yang menjadi terbentuknya endapan bilirubin.

| Terapi Sinar Biru Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s