Ketahui 10 Faktor Pemicu Pembengkakan Pada Organ Hati atau Liver

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kerja organ tubuh kita. Fungsi dari hati yang pertama yaitu untuk menyaring racun didalam darah. Hati yang memiliki beberapa fungsi lainnya yaitu untuk memproduksi empedu, tempat menyimpan vitamin dan juga zat besi, memecah hemoglobin, menyimpan glukosa, mengkonverensi amonia menjadi urea yang penting dalam metabolisme serta dalam menghancurkan sel-sel darah merah tua.

Bengkaknya pada liver bukan karena cadanya cairan yang telah menumpuk seperti definisi pembengkakan yang biasanya kita ketahui. Hati bengkak dinamakan dengan fatty liver, yang dimana terdapat penumpukan lemak yang ada pada bagian hati. Organ hati tergolong tidak normal jika kadar lemak mencapai 5-10% dari berat organ hati biasanya. Baca juga : Obat Herbal Hati Berlemak

Fatty liver juga merupakan gejala awal yang dapat memunculkan masalah pada organ hati, termasuk gangguan fungsi hati. Pembengkakan tersebut akan membuat liver sulit untuk bekerja dengan baik yang nantinya akan diikuti dengan gejala-gejala penyakit liver.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

faktor pemicu pembengkakan hati

Penyebab Hati Bengkak

1. Penyumbatan pada saluran empedu

Saluran empedu yang tersumbat dikenal dengan istilah Cholelithiasis. Hati akan membuat cairan dalam empedu kemudian akan menyimpan jika saluran pada empedu tersumbat, lalu hati akan terhalang dari fungsinya dalam menyalurkan zat yang tersimpan dalam kantong empedu. Peradangan pada sel hati merupakan resiko dari pembengkakan akibat dari penyumbatan kantong empedu.

2. Infeksi virus hepatitis

Pada umumnya infeksi virus hepatitis merupakan salah satu penyebab dari pembengkakan hati atau liver, bahkan dapat membuat gagal atau rusak pada organ hati. Infeksi tersebut merupakan penyakit yang menular yang telah kita ketahui juga memiliki serangkaian jenis kondisi yaitu penyakit hepatitis A hingga E namun memiliki gejala yang berbeda pada setiap tipenya. Perlu diketahui, penyakit hepatitis ini dapat menyebabkan kanker hati dan hingga kematian.

3. Kolesterol tinggi

Salah satu fungsi hati yaitu untuk mengubah kolesterol menjadi asam lemak, namun jika jumlah kolesterol didalam tubuh terlalu banyak maka cara kerja liver akan lebih berat. Itulah sebabnya sakit kolesterol sering dihubungkan dengan pembengkakan organ hati. Sehingga kolesterol tinggi juga akan membawa penderita memiliki penyakit liver.

4. Diabetes

Seseorang yang menderita penyakit diabetes ternyata dapat beresiko terkena hati bengkak. Hati yang memiliki peran untuk mengatur kadar gula serta menyimpan energi, tetapi pada penderita diabetes yang gula darahnya tinggi maka dapat memicu terjadinya pembengkakan pada hati bahkan akan membuat fungsi hati menjadi kacau.

5. Obesitas

Berat tubuh yang berlebih sangat beresiko memiliki penyakit seperti jantung, stroke, atau hipertensi. Selain itu juga, obesitas dapat menyebabkan hati bengkak karena terlalu banyaknya lemak yang menumpuk pada bagian organ hati. Lipid atau lemak yang telah tertimbun pada sel-sel hati jika tidak segera ditangani maka akan membuat kesehatan hati menjadi menurun.

6. Keracunan

Hati merupakan organ yang berperan untuk menawarkan racun didalam tubuh. Apabila zat racun tidak bisa dinetralisir maka akan menumpuk pada liver. Bahkan jika dibiarkan, maka penumpukan zat akan semakin terkena efek buruknya.

7. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Telah kita ketahui bahwa minuman beralkohol dapat merusak kesehatan tubuh, termasuk pada organ hati karena mengandung etanol. Zat yang tertimbun didalam hati akan membuat sel yang ada didalamnya rusak karena tidak dapat menolerir zat racun tersebut dengan waktu yang lama. Dan inilah yang menjadi penyebab penyakit liver yang disebut dengan hepatitis alkoholik.

8. Adanya penumpukan asam fitanik

Nama lain dari kondisi penyakit ini yaitu penyakit refsum yang dimana penderita akan terdapat asam fitanik yang tertimbun serta akan memicu kerusakan saraf dan retina, dan berimbas pada organ hati yang bengkak sehingga menjadi tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ni akan menimbulkan ketidaknyamanan pada pergerakan tubuh dikarenakan kaku pada tulang dan kulit akan mengalami perubahan.

9. Munculnya fibrosis kistik

Fibrosis kistik juga dapat menyebabkan pembengkakan pada hati bahkan membuat fungsinya menjadi rusak. Faktor ini tergolong keturunan atau faktor genetik yang cukup umum, dan dapat menyerang pada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

10. Kelainan bawaan

Seseorang yang mengalami kelainan bawaan terjadi pada metabolisme tirosin, glikogen, homosistin, serta galaktose yang dapat memicu terjadinya pembengkakan organ hati sehingga akan membuat hati tidak berfungsi dengan normal.

Gejala Hati Bengkak

Gejala yang terjadi pembengkakan pada organ hati diataranya :

  • Perut terasa mual
  • Kulit menguning
  • Turunnya berat badan secara drastis
  • Sendi terasa nyeri
  • Muncul bau mulut atau bau badan yang berlebihan
  • Selaput mata berubah menjadi kuning
  • Perubahan warna air seni yang tidak normal
  • Merasa lesu dan letih serta cepat lelah

Sedangkan pada kondisi hati bengkak kronis, gejala yang terjadi seperti :

  • Muntah darah
  • Kencing yang disertai dengan darah
  • Kaki akan mengalami pembengkakan

Itulah 10 faktor pemicu terjadinya pembengkakan pada organ hati atau liver yang perlu Anda ketahui.

| Ketahui 10 Faktor Pemicu Pembengkakan Pada Organ Hati atau Liver

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s