Khasiat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia tenggara dan memiliki bentuk agak lonjong dan berbintik pada permukaannya. Pada umumnya buah mengkudu sering dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat dalam mengolah makanan seperti dijadikan sayur, rujak, dan juga jus. Meskipun memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, tetapi buah mengkudu banyak dicari dikalangan masyarakat, dan dipercaya memiliki khasiat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

khasiat buah mengkudu

Mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk kedalam Rubiaceae. Bahkan di Indonesia memiliki beberapa sebutan yang beragam untuk mengkudu ini, seperti kemudu, kudu (jawa), kodhuk (madura), cangkudu (sunda), wengkudu (bali), dan masih banyak lagi. Meskipun baunya yang tidak sedap tetapi buah mengkudu yang sudah masak memiliki manfaat banyak untuk pengobatan. Karena memiliki kandungan zat didalamnya, yaitu moridin, morinda diol, metil asetil, asam kapril, damnacanthal, dan sorandiyiol.

Menurut penelitian NCCAM mencakup studi mengenai buah mengkudu untuk penyakit kanker dan potensi yang berdampak pada tumor serta gejalanya. Pada beberapa penelitian laboratorium juga menyatakan bahwa terdapat kandungan antioksidan sehingga dapat merangsang pada sistem kekebalan tubuh yang bersifat melawan kanker. Dari hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat menjamin pada penyakit seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

Berikut khasiat buah mengkudu dalam mengatasi macam penyakit :

Mengatasi Hipertensi

Pola makan yang buruk ternyata akan menjadi faktor pemicu hipertensi. Jika Anda sedang mencari obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda tidak perlu repot untuk mencarinya. Cukup dengan mengkonsumsi jus mengkudu setiap hari, maka tekanan darah akan terkontrol. Anda dapat menambahkan madu untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap.

Meredakan Nyeri Haid atau Gejala PMS

Mengkudu memiliki kandungan yang sangat efektif untuk meredakan rasa sakit ketika sedang menstruasi. Selain itu juga, mengkudu dapat meminimalisir perubahan hormon saat menstruasi sehingga sindrom menstruasi dapat diatasi seperti mengurangi rasa sensitif dan juga mood yang berubah-ubah.

Menyembuhkan Batuk

Manfaat dari buah mengkudu lainnya yaitu dapat menyembuhkan batuk. Caranya buat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan setengah genggam daun bujanggut. Kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Setelah setelah direbus, saring airnya, dan minum sehari dua kali setiap pagi dan sore.

Mengobati Sakit Kuning

Sakit kuning dapat ditandai pada bagian tubuh yang menguning, kulit keriput, berat badan yang menurun, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian juga menunjukkan bahwa buah mengkudu sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit kuning. Cara pembuatannya yaitu diperlukan 2 buah mengkudu masak dipohon dan 1 potong gula batu. Kemudian peras buah mengkudu tersebut untuk diambil airnya, lalu campur dengan madu hingga merata. Saring airnya, dan konsumsi sekali 2 hari.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Menjaga Sistem Cerna

Ekstrak buah mengkudu dapat mempengaruhi serotonin, saluran cerna, dan hormon pada otak. Serotonin memiliki peran yaitu mempermudah makanan untuk dicerna, keracunan makanan, mencegah diare, dan penyakit cacingan.

Menghilangkan Kulit Bersisik

Bagi wanita yang ingin memiliki kulit halus dan lembab, perlu Anda ketahui bahwa dengan penggunaan buah mengkudu ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Caranya gosok pada bagian kulit bersisik dengan menggunakan buah mengkudu secara merata, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah selesai bersihkan dengan menggunakan kain basah air hangat.

Mencegah Kanker

Keuntungan lainnya dari buah mengkudu yaitu dapat melawan kanker. Buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang dapat mencegah dalam perkembangan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Penyakit kanker yang dapat dicegah oleh buah mengkudu yaitu kanker serviks.

Mengobati Diabetes

Zat proxeronine merupakan zat yang dapat mengobati penyakit diabetes, baik diabetes basah maupun dia kering. Penyakit diabetes yang harus segera diobati karena sangat berbahaya jika mengalami diabetes basah terluka. Luka yang dapat menginfeksi pada organ lainnya, sehingga harus dilakukan proses amputasi.

Menurunkan Kolesterol

Dislipidemia merupakan peningkatan kadar kolesterol yang ada dalam darah, bahkan faktor utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air dan etanol yang berbasis buah mengkudu, daun dan juga akarnya dapat mengobati kolesterol. Dari ketiga ekstrak tersebut secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol.

Menyembuhkan Peradangan Usus

Zat scolopetin yang ada pada buah mengkudu ternyata sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan serta luka yang ada dalam usus.

Cara membuat ramuan mengkudu

Anda dapat membuatnya sendiri dirumah ramuan dari buah mengkudu. Pertama potong-potong buah mengkudu dengan tipis. Jemur dibawah sinar matahari hingga mengering. Lakukan penggilingan buah mengkudu yang sudah mengering sehingga menjadi bubuk lembut. Setelah selesai Anda dapat menggunakannya dengan menyeduhnya bersama air panas. Anda dapat menambahkan madu, gula aren sebagai pemanis.

Itulah khasiat dari buah mengkudu dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat 😉

| Khasiat Buah Mengkudu Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s