Ternyata Minum Kopi Tanpa Kafein Dapat Menyehatkan Fungsi Hati

Minum kopi setidaknya tiga cangkir dalam sehari ternyata cenderung dapat memperbaiki enzim-enzim organ hati. Hal tersebut tampaknya tidak tergantung pada kandungan kafein karena pada mereka yang meminum kopi tanpa campuran kafein ternyata juga mendapatkan manfaatnya.

manfaat kopi tanpa kafein untuk hati

Menurut penelitian dari National Cancer Institute melaporkan bahwa minum Decaffeinated Coffe (kopi tanpa kafein atau rendah kafein) memiliki manfaat bagi kesehatan liver (hati). Dari hasil penelitian tersebut yang telah diterbitkan di Jurnal Hepatology merupakan jurnal Asosiasi Amerika untuk Studi Penyakit Hati, yang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi yang lebih tinggi, dan terlepas dari ada atau tidaknya kandungan kafein, maka dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari enzim hati abnormal. Hal tersebut juga telah menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia yang ada pada kopi selain pada kafein ternyata dapat membantu dalam melindungi organ hati.

Selain itu Asosiasi Kopi Internasional juga melaporkan bahwa mengkonsumsi kopi telah meningkat satu persen pada tiap tahunnya sejak tahun 1980, serta meningkat dua persen pada beberapa tahun terakhir. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa minum kopi ternyata dapat membantu menurunkan resiko terkena diabetes, penyakit hati berlemak non-alkohol, sirosis hati, kanker hati, dan penyakit jantung.

Berikut pengaruh baik kopi untuk kesehatan hati

1. Hepatitis

Hepatitis merupakan suatu kondisi peradangan hati yang biasanya disebabkan oleh virus atau penggunaan narkoba yang bersifat akut maupun kronis. Subyek dengan cara teratur mengkonsumsi tiga cangkir kopi dalam sehari akan memiliki tingkat yang lebih rendah atas perkembangan penyakit hepatitis dari mereka yang bahkan tidak minum kopi. Sebanyak 766 peserta pada penelitian multi-lembaga yang disebut dengan Hepatitis C Antiviral Long-Term Treatment against Corrhosis trial, telah diteliti untuk jumlah kopi dan juga teh yang mereka konsumsi.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

2. Sirosis

Sirosis adalah suatu jaringan parut pada area hati yang diiringi dengan penurunan fungsi hati akibat dari penyakit hati kronis, dan sering disebabkan oleh alkoholisme. Archives of Internal Medicine telah menerbitkan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa resiko sirosis alkoholik dengan secara signifikan akan lebih rendah pada peminum kopi yang meminum hingga empat cangkir dalam perhari dibandingkan dengan peminum kopi.

3. Fibrosis Hati

Fibrosis hati merupakan akumulasi pada protein yang berlebihan dan terjadi pada sebagian besar penyakit hati kronis sehingga dapat menyebabkan jaringan parut. Pada sebuah studi yang diterbitkan Hepatology pada Januari tahun 2010 menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit hepatitis C kronis yang setidaknya mengkonsumsi 2,25 cangkir kopi berkafein memiliki fibrosis hati lebih ringan. Sedangkan pada setiap kenaikan 67 mg yang mengkonsumsi kafein atau sekitar satu setengah cangkir kopi maka akan terjadi penurunan sekitar 14% yang kemungkinan mengalami fibrosis lanjut.

4. Kanker

Menurut penelitian di National Cancer Center yang dilakukan di Negara Jepang bahwa skala besar pada lebih dari 330 orang dewasa yang telah didiagnosis mengelami kanker hati fase awal. Dari hasil penelitian tersebut diterbitkan pada bulan Februari tahun 2005 di “Journal of the National Cancer Institute”.

Dari penelitian tersebut telah menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi setiap hari akan mengalami resiko lebih rendah mengalami jenis kanker hati yang paling umum (hepatocellular carcinoma), dibandingkan pada seseorang yang hampir tidak pernah minum kopi.

Itulah pengaruh baik pada kesehatan organ hati. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa kopi dapat membahayakan pada kesehatan tubuh lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti :

  • Memicu Stress

Zat kafein yang merupakan zat memiliki kandungan senyawa kimia disebut dengan alkaloid dan dikenal sebagai trimetilsantin. Rata-rata kopi memiliki kandungan kafein sekitar 1 hingga 1.5%. Kafein yang diminum dalam kandungan kopi tersebut akan bekerja dengan mengambil alih reseptor adenosin didalam sel saraf. Sehingga hal ini dapat membantu untuk memacu produksi hormon adrenalin didalam tubuh yang dimana hormon tersebut dapat merangsang stress.

  • Merangsang Kinerja Jantung

Zat kafein merupakan zat yang bekerja sangat efektif dalam merangsang kinerja jantung dan dapat meningkatkan produksi urine. Selain itu juga dapat bekerja dengan melawan fungsi adenosin yaitu kandungan senyawa yang dapat menimbulkan seseorang menjadi mudah untuk tertidur. Dari hal inilah menyebabkan kopi terkenal sebagai pengusir rasa kantuk.

Demikian artikel ini saya buat. Dibalik manfaat kopi tanpa kafein bagi kesehatan organ hati, ternyata juga memiliki dampak pada kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, segala sesuatu harus ada pertimbangan supaya tidak memiliki dampak negatifnya. Serta tidak lupa untuk melakukan pola makan yang sehat. Semoga bermanfat.

| Ternyata Minum Kopi Tanpa Kafein Dapat Menyehatkan Fungsi Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s