Ini Vitamin Yang Diperlukan Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi sangat penting diantaranya memproduksi empedu, menyimpan energi, dan memetabolisme obat. Jika mengabaikan kesehatan hati, maka sama saja mengundang berbagai macam penyakit. Dan salah satu penyakit yang sedang meningkat saat ini yaitu perlemakan hati non alkohol, yang berhubungan dengan pola hidup tidak sehat.

Hati yang juga bekerja untuk menyaring ratusan racun dari makanan ataupun lingkungan. Serta berfungsi untuk membantu memecah makanan sehingga menjadi suatu energi atau tenaga bagi organ tubuh lainnya. Maka dari itu supaya hati dapat berfungsi dengan baik dan efisien, pastikan untuk memiliki vitamin dan juga nutrisi dari dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi jika Anda tidak mendapat asupan vitamin dari makanan, Anda dapat menggunakan suplemen.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

vitamin untuk menjaga kesehatan hati

Berikut beberapa vitamin yang baik dalam menjaga kesehatan hati :

Vitamin A dan Zat Besi

Menurut penelitian tahun 2000, kekurangan vitamin A dan zat besi merupakan salah satu kondisi yang paling banyak terjadi karena kurangnya asupan nutrisi. Vitamin A yang berfungsi untuk menurunkan kadar zat besi yang dapat menyebabkan anemia, serta kadar zat besi yang rendah bisa menyebabkan menurunnya kadar vitamin A pada organ hati. Apabila vitamin A dikonsumsi secara berlebihan, vitamin A ternyata dapat menjadi racun bagi hati, meskipun pada dasarnya vitamin A memang memiliki manfaat bagi penderita penyakit hati.

Vitamin D

Menurut penelitian bahwa lebih dari 90% orang yang terkena penyakit liver memiliki kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D yang cukup parah terjadi pada orang-orang dengan sirosis hati, yaitu jenis penyakit hati yang dapat menyebabkan kanker hati. Namun, jika vitamin D yang berasal dari suplemen dikonsumsi secara berlebihan maka akan, maka akan menimbulkan dampak bagi kesehatan seperti gangguan pertumbuhan atau hilangnya nafsu makan.

Vitamin E

Meningkatnya angka kegemukan dan juga diabetes akan berdampak pada kesehatan hati. Kandungan lemak hati akan terjadi peningkatan serta dapat menyebabkan pengerasan hati dengan jangka waktu panjang. Salah satu proses yang berperan terjadinya perlemakan hati yaitu stres oksidatif, yang merupakan suatu kondisi atau keadaan jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas.

Maka dari itu pemberian suplemen dalam mengurangi proses stres oksidatif dapat mengurangi resiko perlemakan hati. Menurut penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan vitamin E dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada organ hati. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan malah akan berbahaya. Jika dosis diatas 1.200 IU perhari, maka vitamin E dalam darah bisa menyebabkan pendarahan.

Silymarin

Jenis vitamin ini merupakan kandungan senyawa yang telah diekstrasi dari biji Silymarin Marianum, yang bermanfaat dalam menangani gangguan seperti perlemakan hati. Dengan mengkonsumsi silymarin maka dapat menurunkan peradangan dan perlemakan hati.

Lecithin

Jenis vitamin lainnya yaitu Lecithin. Salah satu suplemen yang dapat mempertimbangkan pada gangguan hati. Telah dilakukan uji penelitian bahwa, dengan pemberian lecithin ternyata dapat menurunkan tingkat kerusakan hati yang dilakukan pada seekor tikus yang mengalami gangguan hati kolestasis atau suatu aliran empedu yang tidak lancar. Dari pemberian lecithin tersebut maka dapat menurunkan berbagai parameter kerusakan pada organ hati seperti enzim hati dan juga bilirubin.

Itulah beberapa vitamin yang dapat menjaga kesehatan hati. Pola makan yang baik serta suplemen sebagai tambahan dapat menjadikan tubuh menjadi sehat, serta dapat memberi antioksidan dan bantuan pada tubuh dalam detoksifikasi hati.

| Ini Vitamin Yang Diperlukan Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s