Jenis Makanan Pilihan Untuk Mendetoksifikasi Organ Hati

Hati adalah salah satu organ tubuh yang perannya sangat diperlukan dalam mendetoksifikasi darah dan membantu dalam pencernaan dengan melalui empedu. Organ hati merupakan organ yang sangat kuat karena memiliki kemampuan yang multi-tasking untuk 500 fungsi yang berbeda. Karena pada tingkat polusi lingkungan yang memang terus berkembang, maka tubuh akan terkena sejumlah polutan besar dan semua hal tersebut dapat disimpan dengan melalui aliran darah. Maka dari itu membersihkan organ hati sangatlah penting untuk menjaga semua fungsi tubuh supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

jenis makanan untuk mendetoks hati

Fungsi hati lainnya yaitu dapat menghancurkan sel-sel darah merah yang telah tua, mengkonversi amonia menjadi urea, menyingkirkan zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan atau racun lainnya, memecah hemoglobin, mencerna lemak, mengatur hormon dan kadar gula, dan lainnya. Perlu diketahui bahwa fungsi hati akan mengalami penurunan bahkan bisa mengalami kerusakan saat kita tidak menjaga kesehatan hati.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Hati sangat rentan terhadap kerusakan yang dapat disebabkan oleh makanan dan juga lingkungan. Kesehatan organ hati memang menojol karena dapat mempengaruhi pada kesehatan tubuh lainnya. Salah satu cara untuk menjaga hati supaya tetap sehat yaitu dengan membantu membersihkan hati dari racun-racun yang telah disaringnya. Cara untuk melakukan pembersihan hati tidak sulit, dengan selalu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bersifat dapat mendetoksifikasi tubuh terutama hati.

Berikut makanan untuk mendetoksifikasi hati (liver) :

Wortel

Wortel diperkaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2 dan B6, vitamin E, vitamin K, molibdenum, serat makanan, asam pantotenat, mangan, folat, tembaga, zat besi, fosfor, dan glutathione. Kandungan glutathione yaitu protein yang dapat membantu dalam detoksifikasi hati. Mengkonsumsi wortel secara teratur akan membantu dalam meningkatkan dan juga merangsang fungsi hati. Wortel mentah juga dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi hormon. Rutin mengkonsumsi wortel juga sangat membantu dalam memperbaiki struktur seluler dari epidermis yang memberikan perlingdungan dari sinar UV serta mengurangi pengelompokan butiran melanin.

Bawang Putih

Bawang putih yang mengandung senyawa allicin, sulfur, dan selenium dapat berfungsi untuk membantu proses detoksifikasi hati. Tetapi proses pemasakan yang berlebihan justru akan menurunkan zat yang ada didalamnya.

Tomat

Konsumsi tomat secara teratur dapat membantu proses detoksifikasi hati. Karena memiliki kandungan glutathione yang bagus. Oleh karena itu mengkonsumsi tomat akan berdampak baik pada organ hati.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi pelindung utama bagi sistem tubuh. Sayuran yang mengandung klorofil sangat bermanfaat dalam menyedot racun secara alami dengan malalui aliran darah. Hal tersebut dapat membantu produksi dan mengalirkan empedu sehingga dapat mempertahankan aliran yang konstan didalam hati.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dijadikan sebagai bumbu dapur. Tetapi kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan herbal karena dapat memberikan manfaat dalam menciptakan tubuh supaya tetap sehat. Kunyit juga dapat dijadikan sebagai detoksifikasi tubuh termasuk pada organ hati. Karena mengandung vitamin B6, sodium, asam lemak, asam amino, dan serta tidak larut. Bahan rempah-rempah ini sering digunakan untuk mengobati sakit perut, diare, pendarahan lambung, sakit kuning, jantung terbakar, hilangnya nafsu makan, adanya gangguan kandung empedu, dan masalah hati.

Apel

Manfaat buah apel dapat memperlancar aliran darah dan saluran pencernaan, sehingga jika mengkonsumsi apel secara teratur maka organ hati akan tetap terjaga kesehatannya.

Lemon dan Jeruk Nipis

Vitamin C yang ada pada lemon dan jeruk nipis berfungsi untuk menyerap racun. Konsumsi air perasan lemon atau jeruk nipis dipagi hari dapat meningkatkan fungsi hati.

Itulah beberapa jenis makanan pilihan untuk mendetoksifikasi hati. Dengan melakukan cara yang sederhana serta mudah, maka Anda dapat menjaga kesehatan hati tanpa menggunakan perawatan medis.

| Jenis Makanan Pilihan Untuk Mendetoksifikasi Organ Hati

Baca juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s