Kenali 10 Tanda Liver Bermasalah dan Rusak

Hati atau Liver merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, yang berperan sepenuhnya dalam membantu pencernaan dan juga mengolah semua zat yang masuk kedalam tubuh. Selain itu hati juga berfungsi dalam mengganti sel tubuh yang telah rusak atau hilang. Maka dari itu apabila sel-sel dalam tubuh hilang, liver tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

Pada dasarnya rusaknya pada liver dapat disebabkan oleh berbagai macam. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan hati yang berbeda-beda. Tetapi pada umumnya kerusakan liver tidak pernah menunjukkan suatu gejala yang terlihat sehingga kerusakan akan diketahui jika sudah mengalami keparahan. Maka dari itu kesehatan hati memang harus dijaga karena memiliki peran yang banyak bagi tubuh. Terdapat banyak kasus yang terjadi seperti sirosis hati, kanker hati, hepatitis, dan yang berhubungan dengan gangguan pada hati. Tetapi pada umumnya pemicu penyakit hati yaitu disebabkan oleh virus yang menginfeksi.

tanda liver bermasalah

Berikut tanda-tanda liver mengalami masalah dan rusak :

1. Merasa Cepat Lelah

Ketika organ hati mengalami gangguan khususnya pada saat kemampuan liver mengolah racun yang ada dalam tubuh telah berkurang atau hilang, maka akan menjadi masalah. Liver berfungsi untuk membuang semua zat-zat racun yang berpotensi dapat membahayakan tubuh. Pada saat liver tidak mampu lagi untuk menjalankan fungsinya dengan maksimal, maka racun akan menyebar ke darah beserta jaringan otot ataupun organ lainnya sehingga metabolisme akan mengalami hambatan.

Seseorang akan mengalami mudah lelah meskipun tidak banyak beraktivitas. Maka dari itu kemungkinan orang tersebut mengalami masalah pada kesehatan tertentu. Gangguan pada liver akan menjadi salah satu resiko yang dimana perasaan lelah diakibatkan oleh terhambatnya metabolisme. Jadi meskipun seseorang sudah cukup istirahat atau sudah memperoleh kualitas tidur yang cukup, hal tersebut tidak akan membuat tubuh menjadi baik seperti sebelumnya.

2. Sakit perut / Diare

Liver berperan sangat penting bagi pencernaan. Ketika liver sedang mengalami masalah maka akan menyebabkan diare. Perut akan terasa sakit dan kemudian akan mengeluarkan banyak cairan dari usus sehingga akan membuat buang air besar menjadi encer dan sering. Kondisi tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan. Sehingga tubuh akan menjadi semakin lemah apabila tidak mendapatkan nutrisi yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada perut karena diare.

3. Kulit dan Putih Mata Menguning

Terjadinya kerusakan pada hati dapat ditandai dengan perubahan warna kulit dan putih mata menjadi kuning. Pada perubahan tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah. Kondisi ini menandakan bahwa kadar bilirubin pada hati sangat tinggi. Pada kondisi ini juga sering terjadi pada bayi baru lahir.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

4. Kadar Trombosit Rendah

Saat hati mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja dengan baik maka produksi trombosit juga akan rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan kematian karena pendarahan. Trombosit berfungsi untuk mencegah pendarahan. Ketika kadar trombosit sangat rendah maka tubuh akan terasa tidak nyaman seperti tubuh lemah. demam, tidak nyaman saat bernafas serta berbagai gangguan imunitas lainnya.

5. Mual dan Muntah

Banyak gejala penyakit yang ditandai dengan rasa mual dan muntah seperti masuk angin, asam lambung, atau yang lainnya. Gejala tersebut dapat disebabkan oleh ketidakmampuan pencernaan dalam bekerja dengan optimal.

6. Pembengkakan

Pembengkakan pada bagian tangan, kaki atau wajah dapat menjadi tanda kerusakan hati yang cukup serius. Pembengkakan tersebut disebabkan karena jaringan tubuh mendapatkan penumpukan cairan yang berlebihan. Biasanya pembengkakan tidak akan menimbulkan rasa sakit tetapi hanya kurang nyaman saja.

7. Limpa Membengkak

Rusaknya atau bermasalahnya pada organ hati yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada bagian limpa. Limpa merupakan organ tubuh yang berukuran kecil yang posisinya ada pada perut bagian atas. Ketika limpa membengkak, maka bagian perut akan terasa ditusuk-tusuk, akan merasa mual dan kadang disertai muntah, dan tubuh akan menjadi lemah.

8. Kulit menjadi Sensitif

Tanda-tanda adanya kerusakan pada liver lainnya yaitu kulit menjadi lebih sensitif. Penderita akan merasakan gatal-gatal kemudian menjadi memerah dan urat nampak akan lebih menonjol.

9. Perut Kembung

Selain merasakan sakit, perut juga akan merasa tidak nyaman akibat kembung. Perut kembung akan menjadi tampak mengembang atau membesar. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya cairan hati yang menumpuk pada bagian perut.

10. Tubuh Kurus

Ketika telah terjadi gejala menurunnya nafsu makan beserta kekurangan cairan akibat diare, maka seseorang juga akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tidak dapat terpenuhi sehingga tubuh akan menjadi lebih kurus.

Mengingat hati atau liver memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, maka alangkah baiknya untuk mencegah masalah kerusakan pada liver sejak dini. Serta tidak lupa untuk memperhatikan terhadap suatu perubahan kondisi tubuh Anda supaya Anda merasa lebih bijak dalam menjaga kesehatan.

|Kenali 10 Tanda Liver Bermasalah dan Rusak

Baca juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s