Dampak Minuman Alkohol Pada Fungsi Hati

Banyak sekali alasan kenapa orang menenggak minuman alkohol. Salah satu alasan bagi mereka mungkin karena mereka menikmati alkohol atau suatu tuntutan pergaulan. Atau alasan lainnya karena ingin menghilangkan stres atau ingin melupakan peliknya masalah dalam hidup.

Sayangnya, minuman yang dianggap dapat menenangkan jiwa tersebut memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi melebihi kadar sehat, terutama pada organ hati. Selain otak, organ yang tergolong sangat kompleks yaitu hati. Karena organ tersebut berperan untuk membantu dalam proses pencernaan makanan, mengatur gula darah serta kolesterol, menyaring racun dari tubuh, membantu tubuh dalam melawan suatu infeksi serta adanya serangan dari penyakit lain.

dampak alkohol bagi fungsi hati

Lalu bagaimana jadinya ketika organ hati terkena zat yang berbahaya seperti alkohol dengan kadar yang berlebihan?

Ketika Anda meminum alkohol, maka cairan tersebut akan diserap kedalam aliran darah. Apabila alkohol dalam konsentrasi yang tinggi maka akan melewati pada organ hati sebelum beredar ke seluruh tubuh. Di dalam organ hati akan terdapat sel-sel yang mengandung suatu enzim yang berfungsi untuk mengubah zat alkohol menjadi air dan karbondioksida supaya tidak akan berdampak negatif pada bagian tubuh lainnya.

Terdapat beberapa sel-sel hati yang akan mati setiap kali terekspos oleh zat alkohol. Fungsi hati akan terganggu jika terus-menerus mengkonsumsi alkohol dengan jangka waktu yang panjang sehingga hati tidak akan bisa memproduksi sel-sel baru yang akan mengakibatkan hati menjadi rusak parah.

Berikut terdapat tahapan kerusakan yang terjadi pada hati bagi orang yang pecandu minuman keras, diantaranya :

  • Perlemakan Hati

Pada kondisi tersebut dapat dialami oleh orang yang mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang sangat banyak meskipun hanya beberapa hari. Mengkonsumsi zat alkohol dapat memicu penumpukan lemak pada organ hati. Pada umumnya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Maka dari itu Anda supaya tetap berhati-hati karena pada sebagian orang yang mengalami perlemakan hati dapat terkena peradangan hati atau hepatitis.

  • Hepatitis

Tahapan yang selanjutnya yaitu akan terserang hepatitis. Hal ini dapat terjadi apabila Anda tetap mengkonsumsi minuman alkohol disaat kondisi hati sudah dipenuhi oleh lemak sehingga akan mengalami peradangan. Sama halnya seperti perlemakan hati, kondisi tersebut tidak memiliki gejala apapun. Kondisi ini bisa cepat pulih apabila berhenti mengkonsumsi minuman keras tersebut. Perlu Anda ketahui, jangan pernah menganggap sepele karena termasuk penyakit yang serius dan bisa mengancam jiwa. Hepatitis yang sudah akut maka akan menyebabkan gagal hati. Sehingga kondisi tersebut dapat menyebabkan pembekuan darah menjadi terganggu, penyakit kuning, pendarahan dalam usus, hingga koma.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

  • Sirosis Hati

Selanjutnya sirosis hati, yang merupakan kondisi terparah akibat terus-menerus mengkonsumsi minuman alkohol. Sirosis adalah kondisi hati yang sudah rusak dan terluka sehingga tidak dapat memproduksi sel-sel baru lagi. Supaya dapat mencegah kerusakan hati lebih lanjut, untuk itu segera berhenti mengkonsumsi minuman tersebut. Kesempatan hidup pun juga dapat diperpanjang dengan menjalani transplantasi hati apabila kondisi tersebut sudah sangat parah atau sudah mengalami komplikasi.

Setelah kita mengetahui apa saja dampak dari minuman alkohol, alangkah baiknya untuk segera tidak mengkonsumsi minuman alkohol tersebut. Karena selain berdampak pada organ hati, alkohol juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti anemia, komplikasi diabetes, gangguan pada mata, osteoporosis, masalah pencernaan, asam urat tinggi, penyakit jantung, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, epilepsi, bahkan kanker. Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi minuman alkohol dapat beresiko melahirkan bayi cacat.

| Dampak Minuman Alkohol Pada Fungsi Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s