Waspada Komplikasi Dari Hepatitis C yang Sering Terjadi

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Selain berfungsi dalam membantu tubuh untuk mencerna makanan, menghasilkan dan menyimpan gula dalam penggunaan energi, menyimpan vitamin serta nutrisi, hati juga berperan sebagai pembasmi racun yang berbahaya dari tubuh.

Hepatitis C adalah suatu penyakit menular yang dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi hati. Apabila seseorang menderita penyakit hepatitis C, maka harus berhati-hati terjadinya komplikasi supaya bisa mencegah resiko timbulnya penyakit yang lebih buruk. Penyakit hepatitis C yang merupakan kondisi peradangan atau pembengkakan pada organ liver (hati) yang disebabkan oleh adanya penyebaran virus hepatitis C. Virus tersebut akan masuk kedalam organ hati dengan melalui aliran darah yang kemudian akan merusak sistem kerja organ hati serta jaringan sel-sel yang ada disekitar organ hati terinfeksi.

komplikasi serius dari hepatitis c

Lalu apa saja komplikasi dari hepatitis C yang memungkinkan akan terjadi?

Komplikasi Hepatitis C :

1. Sirosis

Pada umumnya komplikasi hepatitis C yaitu terjadinya kerusakan pada organ hati itu sendiri. Kerusakan hati disebut dengan sirosis. Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa pada minuman alkohol merupakan penyebab utama dari sirosis, namun apa saja yang merusak hati selama bertahun-tahun maka dapat menyebabkan pembentukan pada jaringan parut termasuk infeksi dan peradangan akibat dari hepatitis. Berkembangnya kerusakan hati hingga sampai sirosis dapat memakan waktu yang lama, bahkan bisa bertahun-tahun. Jika tidak diobati, maka sirosis dapat berujung pada gagal hati yang akan berakibat fatal.

Sirosis tidak akan menimbulkan gejala, akan tetapi dengan seiringnya waktu, maka akan mengalami beberapa hal seperti :

  • Nyeri perut
  • Mual
  • Kelelahan
  • Gatal-gatal
  • Menurunnya berat badan
  • Terjadi perubahan warna kulit dan bagian putih mata menjadi kuning (penyakit kuning)

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

2. Gagal Hati

Gagal hati terjadi ketika organ hati tidak bisa bekerja lagi dengan benar. Rusaknya hati yang berjalan lama disebut dengan gagal hati kronis atau penyakit hati stadium akhir. Saat sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, maka hati tidak akan mampu lagi berfungsi dengan baik. Tanda yang akan muncul seperti perubahan warna kulit dan mata menjadi menguning, serta terdapat penumpukan cairan dibagian kaki dan perut. Komplikasi hepatitis C ini akan menjadi sangat serius apabila tidak segera diobati sehingga akan menyebabkan timbulnya penyakit lain yang lebih buruk atau akan terjadi kerusakan pada organ lain.

3. Kanker Hati

Komplikasi dari hepatitis C dapat beresiko kanker hati. Penderita hepatitis C akan beresiko terkena kanker hati apabila kerusakannya sudah mencapai tingkat sirosis. Terjadinya kerusakan pada organ hati akibat dari hepatitis C dapat menyebabkan sel-sel berbahaya di hati bereproduksi lebih cepat sehingga akan menyebabkan tumor atau masalah lainnya.

Pencegahan resiko komplikasi hepatitis C

Sebagai bahan pencegahan dan juga pengobatan dari menularnya virus hepatitis C dapat diberikan vaksin penyakit hepatitis C atau imunisasi. Menurut WHO juga mengungkapkan bahwa pada umumnya penyakit hepatitis C dapat ditularkan dengan melalui darah yang telah tercemar virus hepatitis C.

| Waspada Komplikasi Dari Hepatitis C yang Sering Terjadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s