Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kanker Hati

Seseorang yang memiliki masalah yang cukup serius pada kesehatan seperti kanker hati, maka mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi sangatlah penting. Karena penderita kanker hati biasanya akan mengalami penurunan berat badan, mual, muntah, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan.

Berdasarkan data dari Word Health Organization (WHO), kanker hati merupakan salah satu dari lima penyakit kanker paling umum terjadi pada laki-laki. Maka dari itu makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu dalam proses pemulihan organ hati.

pantangan makanan penderita kanker hati

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita kanker hati :

Kurangi Jumlah Garam

Garam merupakan salah satu penambah rasa yang digunakan untuk masakan yang biasa dikonsumsi. Bagi penderita kanker hati dibiasakan untuk tidak mengkonsumsi dahulu garam dengan jumlah yang lebih, bila perlu konsumi makanan yang tidak mengandung garam. Apabila mengkonsumsi makanan dengan asupan garam tinggi maka gejala kanker hati akan bertambah. Hal tersebut karena garam dapat meningkatkan air terakumulasi dalam hati serta dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Hindari Makanan Protein Tinggi

Kanker hati yang dapat memengaruhi dalam proses penyerapan protein dalam tubuh. Protein perlu diolah supaya dapat dicerna dan dipecah menjadi nutrisi penting. Tetapi, jika hati mengalami kerusakan, maka prosesnya pun akan terganggu. Makanan yang mengandung protein tinggi akan menumpuk dan bahkan menjadi limbah atau racun dalam hati dan tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut bagi hati sekaligus dapat memperparah gejala. Akan tetapi hal ini bukanlah Anda harus menghindari seluruh sumber protein dalam diet Anda. Sebagai antisipasi maka konsumsilah jumlah makanan yang mengandung protein dengan cukup.

Hindari Makanan Lemak Tinggi

Memang sangat penting untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan bagi mereka yang memiliki masalah pada organ hati. Karena dapat membuat fungsi hati menjadi semakin berat, yang dimana pada kondisi hati penderita sudah mengalami tekanan kerja yang berat yaitu untuk mengolah makanan dan menghadapi obat-obatan kanker. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging merah, susu, es krim, kue, gorengan, cookies, dan kentang goreng atau keripik.

Hindari Rokok dan Alkohol

Menghindari rokok dan alkohol merupakan salah satu keputusan yang baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya resiko kanker, termasuk kanker payudara, paru-paru, ginjal, usus besar, dan hati akan meningkat dengan seiringnya banyak jumlah alkohol dan sering mengkonsumsinya.

Sekitar 20% terjadi kematian akibat dari kanker yang dipicu oleh rokok. Karena rokok dapat memicu berbagai macam penyakit kanker serta gangguan medis lainnya. Bahkan bagi Anda perokok pasif yang terkena paparan asap rokok juga dapat meningkatkan resiko paru-paru.

| Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kanker Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s