Cara Menghadapi Insomnia Untuk Penderita Kanker Hati

Insomnia atau susah tidur merupakan suatu kondisi yang pada umumnya dialami oleh penderita penyakit kanker, terutama penderita kanker hati. Pada gangguan ini merupakan reaksi normal terhadap pengobatan serta diagnosis kanker. Saat mengalami insomnia, maka seseorang akan berbaring di tempat tidur, menghabiskan berjam-jam supaya tertidur meskipun tidak peduli seberapa lelahnya aktivitas mereka saat itu.

menghadapi insomnia akibat kanker hati

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Berikut beberapa cara dalam menghadapi insomnia bagi penderita kanker hati :

  • Atur tidur lewat makanan

Seseorang yang menderita insomnia sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman kafein dan alkohol selama 4-6 jam, atau untuk tidak mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur. selain itu juga, biarkan kamar tidur tetap tenang dan senyaman mungkin.

Baca juga : Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kanker Hati

  • Mengubah kebiasaan

Pada kebanyakan orang untuk kesulitan tidur ketika sedang menjalani pengobatan kanker hati. Tetapi kondisi tersebut terkadang malah menjadi suatu bumerang bagi kesehatan karena akan membuat kondisi menjadi semakin buruk. Jika tidak merasakan rasa kantuk, alangkah baiknya untuk keluar dari kamar kemudian masuk kembali ketika saatnya akan tidur. Dari langkah inilah maka akan membentuk hubungan antara kamar tidur dan juga perilaku tidur dalam membantu tidur menjadi lebih mudah.

Saran lainnya yaitu dengan menjaga jadwal tidur dan terhindar dari tidur siang. Apabila tidur siang sangat dibutuhkan, maka batasi waktunya hingga 30 menit serta diusahakan untuk tidur sebelum pukul 3 sore.

  • Terapi relaksasi

Pada metode ini meliputi relaksasi pada otot, hipnosis, pelatihan citra, melepaskan beban pikiran, dan biofeedback yang menggunakan peralatan elektronik untuk merekam tampilan aktivitas dalam tubuh dibawah kesadaran, seperti denyut jantung. Beberapa cara tersebut Anda dapat memilih salah satu terapi tersebut dengan melalui latihan pernafasan dalam, meditasi, atau peregangan. Melakukan mandi air hangat atau minum segelas susu hangat juga sangat dianjurkan.

  • Terapi kognitif

Pada terapi ini digunakan untuk mengidentifikasi serta mengubah suatu keyakinan dan juga sikap disfungsional mengenai insomnia dan kegiatan tidur. Akan tetapi hal ini dapat meningkatkan rasa cemas. Terapi kognitif ini dapat membantu dalam menghilangkan ritual tidur yang tidak realistis, memberikan pengetahuan dasar mengenai insomnia, dan mendidik penderita terhadap efek dari insomnia itu sendiri.

Pada umumnya penderita kanker hati kerap mengalami insomnia atau susah tidur. Maka dari itu setiap orang harus memiliki pemahaman yang dasar mengenai kondisi ini, bila perlu konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

| Cara Menghadapi Insomnia Untuk Penderita Kanker Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s