Inilah Tes Fungsi Hati Untuk Mendeteksi Kesehatan Hati

Tes fungsi hati atau yang dikenal dengan liver panel atau liver function tes merupakan sekelompok tes darah yang mengukur enzim atau protein tertentu yang ada didalam darah. Pada umumnya tes fungsi hati digunakan untuk membantu dalam mendeteksi, menilai, serta memantau penyakit ataupun kerusakan pada hati.

Biasanya untuk memantau kondisi hati, tes ini dilakukan dengan cara berkala, atau dilakukan saat memiliki resiko perlukaan pada hati, saat seseorang mengidap penyakit hati atau muncul suatu gejala tertentu seperti ikterus (jaundice). Pada tes ini diperlukan contoh darah yang diambil dari pembuluh balik (vena) yang pada umumnya pada lengan penderita.

tes fungsi hati untuk mendeteksi hati

Hati yang merupakan salah satu organ yang paling besar dalam tubuh manusia, yang berada pada perut (abdomen) bagian atas kanan dan dibalik rusuk-rusuk bagian bawah. Hati akan mendetoksifikasi obat-obatan dan juga unsur yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu juga akan menghasilkan faktor-faktor, protein dan enzim pembekuan darah, menyimpan vitamin dan mineral, serta membantu keseimbangan hormon. Empedu merupakan suatu cairan yang dibentuk oleh hati, kemudian dialirkan melalui saluran pada usus halus untuk membantu dalam mencerna lemak atau ke kandung empedu bertujuan untuk menyimpan dan digunakan untuk keperlukan selanjutnya.

Terdapat berbagai alasan untuk melakukan tes fungsi hati, yaitu untuk membantu kita dalam menggambarkan suatu gambaran yang mungkin terpapar oleh virus hati yang disebut dengan hepatitis. Pada tes ini dapat membantu untuk memonitor progresi penyakit virus ataupun hepatitis alkoholik dan juga mengetahui keberhasilan pada pengobatan yang telah dilakukan. Selain itu juga fungsi ini dapat dipakai untuk mengukur beratnya penyakit serta bisa jadi terjadi Cirrhosis.

Lalu apa saja tes fungsi hati tersebut untuk mendeteksi hati?

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Berikut Tes Fungsi Hati

Biasanya tes darah hati terdiri dari 6 tes terpisah yang dilakukan pada contoh darah tunggal, hal tersebut meliputi :

1. Alanine Aminotransferase (ALT)

Jenis ini merupakan enzim yang tes fungsi hati ditemukan terutama pada dalam sel hati. ALT dapat membantu metabolisme protein dalam kondisi tubuh. Di dalam kondisi yang normal, ALT dalam darah berkadar rendah, sebaliknya jika kadar ALT tinggi maka akan mengindikasikan adanya kerusakan atau gangguan pada hati.

Terlepas dari seberapa banyak kadar ALT dalam darah, maka peradangan atau kematian sel hati hanya dapat dipantau dengan biopsi hati. Meskipun kadar ALT dalam pembuluh darah merupakan pengukuran yang kuantitatif langsung, namun tes ini tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis kerusakan hati atau perkembangan suatu penyakit.

2. Aspartate Aminotransferase (AST)

Pada enzim ini berperan sebagai metabolisme alanine. AST yang ditemukan dalam kadar tinggi pada sel-sel hati, jantung, dan otot lainnya. Tetapi apabila AST ditemukan dengan kadar yang tinggi dalam darah, maka hal ini mengindikasikan adanya kerusakan atau adanya penyakit hati.

3. Alkaline Phosphatase (ALP)

ALP yang terdapat pada jaringan tubuh seperti usus, plasenta, ginjal, dan tulang yang diproduksi di bagian saluran empedu dan selaput sinusoidal hati. Apabila saluran empedu tersebut tersumbat maka kadar ALP akan meningkat. Selain itu juga. Apabila terajdi sirosis, sclerosing cholangitis serta kanker hati maka kadar ALP akan meningkat. Selain itu penyakit tulang, gagal jantung kongestif dan hipertiroidisme bisa menyebabkan tingginya kadar ALP yang bahkan tidak tertuga. Peningkatan tersebut disebabkan oleh suatu masalah hati apabila kadar GGT mengalami peningkatan. Normalnya kadar ALP dalam darah yaitu antara 30 hingga 115 IU/L.

4. Bilirubin

Bilirubin merupakan cairan berwarna kuning yang terdapat pada aliran darah dan diproduksi dibagian hati oleh sel-sel darah merah yang mati karena usia. Hati akan menyaring sel-sel darah merah dari aliran darah saat proses modifikasi kimiawi yang disebut dengah konjugasi. Kemudian sel-sel tersebut akan dilepaskan ke bagian empedu, lalu disalurkan dan sebagian akan diserap kembali kedalam usus.

| Baca juga : Obat Penyakit Kuning Alami Untuk Anak dan Dewasa

Kadar bilirubin dapat meningkat karena dari berbagai penyakit termasuk penyakit hati. Apabila mengalami kerusakan maka bilirubin dapat memicu penyakit kuning, yaitu suatu kondisi menguningnya pada mata dan kulit yang disertai dengan urin gelap dan feses berwarna terang. Penyebab meningkatnya kadar bilirubin yaitu :

  • Hepatitis virus
  • Sirosis hati
  • Penyumbatan saluran empedu
  • dan penyakit hati lainnya

5. Albumin

Pemeriksaan pada albumin yaitu bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar albumin yang biasa terjadi pada penyakit hati kronik. Namun penurunan albumin ini dapat disebabkan oleh kekurangan asupan protein.

6. Total Protein (TP)

Total protein yaitu tes darah yang mengukur albumin dan semua protein lainnya yang ada dalam aliran darah, termasuk antibodi yang dapat membantu untuk melawan infeksi. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan atau menurunnya kadar protein yang tidak normal seperti penyakit hati, kanker darah, penyakit ginjal, malnutrisi, atau pembengkakan tubuh yang tidak normal. Kadar protein normal dalam aliran darah yaitu antara 6,5 hingga 8,2 g/dl.

Hasil dari tes fungsi hati bukanlah sebuah media yang diagnostik untuk kondisi yang spesifik, akan tetapi mereka mengindikasikan bahwa terdapat kemungkinan ada suatu masalah pada hati. Seseorang yang tidak memperlihatkan gejala atau tidak teridentifikasi adanya faktor resiko, namun hasil dari tes fungsi hati yang abnormal dapat mengindikasikan adanya gangguan pada hati. Tetapi juga dapat menandakan penyakit hati tahap awal serta diperlukan tes lebih lanjut atau pemantauan secara berkala.

| Inilah Tes Fungsi Hati Untuk Mendeteksi Kesehatan Hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s