Ketahui Sejak Dini Penyakit Hepatitis Autoimun

Apa itu hepatitis autoimun?
Hepatitis Autoimun adalah salah satu penyakit kronis yang dimana sistem imunitas tubuh menyerang pada sel-sel hati. Hal ini menyebabkan hepatitis atau peradangan hati (pembengkakan). Hepatitis autoimun yang merupakan penyakit sangat serius yang dapat berujung Cirrhosis (pengerasan) serta gagal hati jika tidak diobati dengan baik. Meskipun pada penyakit ini tidak menimbulkan penularan, tetapi penyakit hepatitis autoimun tidak dapat dicegah.

hepatitis autoimun

Jenis-jenis Hepatitis Autoimun

1. Hepatitis Autoimun Tipe 1

Jenis ini merupakan salah satu bentuk yang sering terjadi dari penyakit hepatitis autoimun. Hepatitis autoimun tipe 1 dapat menyerang pada semua golongan usia, akan tetapi wanita sangat beresiko lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Biasanya penyakit hepatitis autoimun tipe 1 akan dipengaruhi dengan gangguan sistem imunitas seperti rheumatoid arthritis, tiroiditis, dan colitis ulserativa.

2. Hepatitis Autoimun Tipe 2

Pada jenis ini biasanya sering menyerang pada anak-anak di usia 2-14 tahun. Di beberapa negara tertentu, penyakit hepatitis ini juga menyerang pada orang dewasa, yang dimana pada wanita muda juga lebih beresiko terserang penyakit hepatitis jenis ini. Hepatitis autoimun 2 juga dapat terjadi karena adanya seseorang mengalami gangguan sistem imunitas seperti pada jenis hepatitis autoimun tipe 1.

Penyebab Hepatitis Autoimun

Penyakit hepatitis autoimun terjadi karena sistem imunitas yang menghasilkan antibodi yang menyerang pada organ hati. Kondisi tersebut disebabkan karena antibodi tidak mengenali jaringan dan organnya sendiri. Saat dalam keadaan normal, sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan berbagai mikroorganisme, namun pada penderita hepatitis autoimun ini malah terjadi sebaliknya. Hingga sekarang, para ilmuan masih belum bisa menemukan penyebab utamanya terhadap kondisi kesehatan tersebut.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penyakit hepatitis autoimun :

  • Mengalami gangguan pada sistem imun.
  • Faktor genetik.
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau virus.
  • Adanya obat-obatan tertentu seperti antibiotik minocucline dan obat untuk mengatasi kolesterol seperti lipitor.
  • Mengonsumsi alkohol dengan jumlah yang berlebihan.

Gejala Hepatitis Autoimun

Penyakit hepatitis autoimun dapat menyebabkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Gejala yang paling umum terjadi yaitu kelelahan, namun ada gejala lainnya yaitu :

  • Mual
  • Nyeri sendiri
  • Kulit menguning (penyakit kuning)
  • Urine kuning pekat
  • Feses pucat
  • Terjadinya pembengkakan hati yang menyebabkan perasaan menjadi kurang nyaman.

Penderita yang sudah mengalami penyakit sudah parah akan mengalami gejala seperti cairan pada abdomen (ascites) bahkan kebingungan mental. Selain itu juga mungkin akan mengalami gejala gagal hati atau Cirrhosis.

Untuk Anda yang ingin mengetahui apakah Anda mengalami penyakit ini atau tidak, maka Anda bisa melakukan 2 jenis pemeriksaan yaitu :

  • Melakukan tes darah

Tim medis akan mengambil sampel darah untuk menentukan jenis penyakit hepatitis yang dialami. Selain itu, hasil dari tes tersebut dapat menentukan tipe penyakit hepatitis autoimun.

  • Biopsi hati

Pada jenis ini, tingkat kerusakan pada organ hati bisa dilihat dari hasil biopsi. Kemudian tim medis akan mengambil sampel dari jaringan organ hati dengan menggunakan jarum tipis yang telah dimasukkan kedalam kulit yang menembus organ hati.

Sebagai suatu pencegahan, Anda dapat melakukan pengobatan rumahan untuk mengatasi penyakit hepatitis autoimun tersebut, antara lain :

  1. Rutin melakukan jadwal pemeriksaan supaya mengetahui perkembangannya.
  2. Hindari mengonsumsi alkohol karena dapat merusak organ hati.
  3. Lakukan diet sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup untuk merasakan yang lebih baik.

Pada umumnya penyakit hepatitis autoimun ini tidak dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan, namun dengan mengetahui faktor yang menjadi pemicu serta memperparah kondisi, maka diharapkan untuk dapat lebih berhati-hati. Perlu diketahui bahwa penyakit hepatitis autoimun yang parah maka dapat menyebabkan sirosis hati dan gagal hati. Untuk itu segera lakukan pengobatan dengan tepat.

| Ketahui Sejak Dini Penyakit Hepatitis Autoimun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s