Bolehkah Penderita Penyakit Hepatitis Minum Kopi?

Hepatitis adalah suatu penyakit yang menyerang pada organ hati yang disebabkan oleh adanya virus. Penyakit hepatitis terdapat 3 golongan yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C, yang dimana semua jenis penyakit hepatitis tersebut memiliki penularan yang berbeda-beda.

Apakah penderita hepatitis aman minum kopi?

Kopi yang merupakan minuman yang sangat banyak dikenal sebagai minuman pengusir kantuk, penambah semangat, bahkan dikenal dengan rasanya yang nikmat. Bagi para pecinta kopi selain untuk mendapatkan sensasi dengan aroma kopi dan juga rasa yang nikmat, ternyata memiliki dampak positif dan juga dampak negatif bagi penderita penyakit hepatitis, apa saja? Simak informasinya dibawah ini.

bolehkah penderita hepatitis minum kopi

Dampak Negatif dan Dampak Positif Kopi Bagi Penderita Hepatitis

Kopi dapat berpengaruh buruk bagi penderita hepatitis, antara lain :

1. Meningkatkan Konsentrasi Enzim

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dalam setiap hari maka akan berbahaya bagi penderita hepatitis, karena dapat meningkatkan konsenstrasi enzim Alarin Aminotransferase pada sel hati sehingga kesehatan hati akan menjadi rusak dan bahkan dapat memicu timbulnya sel kanker pada hati.

2. Dapat Memicu Kanker Hati

Kopi yang dikonsumsi melebihi batas kewajaran seperti lebih dari 3 cangkir dalam perharinya maka dapat mengganggu metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang, bahkan dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam jaringan.

3. Fatty Liver

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat hati menjadi membengkak dan mengakibatkan kerusakan pada jaringan didalamnya. Kafein yang mampu membuat pertumbuhan sel kanker pada organ hati dapat meningkatkan lebih cepat. Selain itu juga, kafein dapat menjadikan hati menjadi mengerut dan juga mengeras yang kemudian akan mengakibatkan proses sirosis (hepatitis C kronis).

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Itulah dampak negatif mengonsumsi kopi bagi penderita penyakit hepatitis. Dan berikut dampak positif kopi bagi penderita penyakit hepatitis jika dikonsumsi dengan batas yang wajar dan tidak dikonsumsi setiap hari, diantaranya :

1. Mencegah Liver Autoimun

Dengan mengonsumsi kopi kurang dari 3 gelas perhari maka dan dengan takaran gelas ukuran kecil bagi penderita hepatitis baik, karena dapat menurunkan menderita primary Selerosing Cholansitis yaitu penyakit liver autoimun.

2. Minuman Detoksifikasi

Mengonsumsi kopi dengan tidak berlebihan dan tidak dikonsumsi setiap hari, maka dapat menetralkan alkohol dan juga racun yang bisa berakibat menjadi sisa limbah makanan yang dapat melukai jaringan hati sehingga dapat terhindar dari serangan kerusakan hati ataupun penyakit hati.

| Baca juga : Daftar Makanan Sehat dan Alami Untuk Mendetoks Tubuh

3. Memperbaiki Fungsi Enzim Hati

Kopi yang dikonsumsi dengan jumlah yang seimbang maka dapat memperbaiki kinerja enzim hati sehingga fungsi hati akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari tumbuhnya sel kanker pada jaringan hati.

Itulah dampak negatif dan dampak positif minum kopi bagi penderita penyakit hepatitis yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang menderita penyakit hepatitis dan ingin mengonsumsi kopi, sebaiknya untuk membatasinya supaya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan hati dan kesehatan lainnya.

| Bolehkah Penderita Penyakit Hepatitis Minum Kopi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s