Pengaruh Rokok yang Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Hati

Pada kebanyakan orang telah menyadari dari efek buruk merokok pada jantung dan juga paru-paru. Merokok yang ternyata dapat mempengaruhi organ hati serta dapat berkontribusi terhadap kecanduan. Ada berbagai racun yang ada didalam tembakau rokok yang dapat menyebabkan peradangan kronis dan jaringan parut pada organ hati.

Kondisi tersebut yang juga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada hati termasuk munculnya penyakit seperti hepatitis b dan hepatitis c, kanker hati, bahkan fibrosis hati. Selain itu juga merokok dapat mempengaruhi fungsi hati dalam memproses alkohol dan obat-obatan sehingga akan meningkatkan resiko alkoholisme dan juga toleransi terhadap obat secara keseluruhan.

pengaruh rokok meningkatkan kanker hati

Lalu apa kaitannya antara kanker hati dan merokok?

Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa adanya hubungan antara kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan, dan obesitas yang dapat menjadi faktor pemicu dari kanker hati. Menurut penelitian dari AS dan Eropa yang telah membandingkan pada kelompok pasien tanpa kanker yang disesuaikan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan jenus faktor lainnya. Dan mereka telah menemukan bahwa hampir setengah dari semua kasus kanker hati dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa berkaitan dengan aktivitas merokok.

Cara Rokok Mempengaruhi Fungsi Hati

Telah kita ketahui bahwa salah satu fungsi utama hati yaitu menawarkan racun pada aliran darah. Organ tersebut dapat menyaring darah, dan memisahkan zat-zat yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi kehidupan tubuh. Jika semakin banyak racun yang disaring maka organ hati pun akan menjadi tersumbat sehingga akan semakin berkurang efisiensi hati ketika menjalankan fungsinya.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Manusia yang tidak bisa hidup tanpa adanya hati. Saat hati tidak berfungsi dengan baik maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah sehingga seseorang akan lebih rentan terhadap penyakit dan juga infeksi. Selain itu, N-Nitrosodiethylamine yang merupakan salah satu bahan kimia yang ditemukan didalam rokok dapat menyebabkan tumor hati, dan terbukti berkontribusi terhadap penyakit kanker hati. Bahkan bahan lainnya yang ditemukan dalam asap rokok dapat meningkatkan resiko berkembangnya kanker hati.

Kandungan nikotin sebagai bahan aktif pada tembakau dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit, meningkatkan kadar lemak dalam darah, bahkan meningkatkan tekanan darah dengan menstimulasi jantung. Perlu diketahui bahwa kelebihan lemak dalam darah dapat menghasilkan konsekuensi yang mengerikan, dari mulai serangan hipertensi, jantung, dan stroke.

Merokok yang dapat mengubah fungsi hati menjadi rusak, menurunkan tingkat regenerasi sel yang normal, dan mendukung perkembangan kanker. Sedangkan asap rokok yang mengandung banyak karsinogen yang dapat memicu kerusakan kelainan sel atau kanker.

Oleh karena itu. berhenti merokok merupakan keputusan yang terbaik. Supaya tidak memiliki masalah kesehatan organ hati. Karena itulah cara yang paling eektif dalam mencegah berbagai macam penyakit. Dengan memilih gaya hidup yang lebih sehat, maka Anda terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan tubuh lainnya.

| Pengaruh Rokok yang Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Hati

Related post :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s