Kenali Macam-Macam Tumor Hati Sejak Dini

mengobatihepatitisbkronis.com – Hati merupakan organ tubuh yang sangat penting dan terbesar yang berada dibagian perut sebelah kanan atas. Hati berperan sangat penting dalam menyaring darah supaya tetap bersih serta membuang berbagai racun atau zat dari sisa dalam darah. Selain itu hati juga berfungsi sebagai menyimpan energi dalam bentuk gula (glikogen) serta menghasilkan empedu untuk memecahkan makanan pada saluran pencernaan.

macam-macam tumor hati

Organ hati bisa saja mengalami suatu gangguan seperti tumor hati. Tumor hati dibagi menjadi dua bagian, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dalam penanganan tumor hati tersebut biasanya memerlukan penanganan dengan berupa operasi pengangkatan sel tumor. Sedangkan pada tumor hati ganas membutuhkan penanganan yang sangat serius berupa kemoterapi bertujuan untuk mematikan sel kanker.

Tumor hati yang dibedakan menjadi tumor hati jinak (benign) tidak memiliki sel kanker, sedangkan kanker hati ganas (malignant) terdapat sel kanker. Kanker dapat muncul bahkan tumbuh secara langsung pada organ hati yang disebut dengan kanker hati primer. Sedangkan sel kanker hati yang bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya disebut dengan kanker hati sekunder.

Berikut macam-macam tumor hati :

1. Hemangioma

Hemangioma merupakan suatu benjolan non-kanker yang tumbuh pada bagian dalam atau permukaan pembuluh darah hati. Pada macam ini tidak memiliki gejala dan juga penanganan yang khusus. Meskipun tidak terdapat sel kanker, tetapi macam tumor hati ini cukup berbahaya jika menyerang pada bayi. Diagnosis dapat dilakukan sebelum bayi berusia enam bulan. Didalam kasus ini, tindakan operasi pengangkatan hemangioma dapat dilakukan untuk menghindari suatu komplikasi.

2. Hepatocellular Adenoma (hepatic adenoma)

Pada macam tumor hati ini termasuk pada tumor hati jinak yang jarang terjadi. Kondisi ini dapat dilakukan untuk pemantauan massa tumor karena akan semakin besar, berubah menjadi sel kanker, serta terjadi pendarahan. Apabila ukuran adenoma lebih dari 5 cm, biasanya tim medis menyarankan untuk melakukan tindakan operasi pengangkatan tumor tersebut.

Bagi wanita, dokter akan meminta untuk menghentikan dalam mengonsumsi pil kontrasepsi atau obat-obatan steroid anabolik. Lalu akan melakukan pemeriksaan USG dan memberikan serum alfa fetoprotein bagi mereka yang belum melakukan tindakan pengangkatan tumor. Sementara jika telah mengalami pendarahan maka akan melakukan tindakan arteriografi dan embolisasi bertujuan untuk mengendalikan pendarahan tersebut.

3. Hepatoma (hepatocellular carcinoma)

Hepatoma merupakan jenis kanker hati primer yang paling umum terjadi. Biasanya jenis kanker ini terdapat pada penderita Hepatitis B dan Sirosis. Namun pada sebagian penderita, jenis kanker ini ditemukan tanpda disengaja saat pemeriksaan kesehatan rutin, atau munuclnya gejala yang ditandai dengan rasa nyeri, hilangnya nafsu makan, mudah lelah, tidak nyaman pada bagian perut atas, serta penyakit kuning. Dalam menangani kondisi ini dapat dilakukan dengan cara tindakan operasi, kemoterapi, atau radioterapi, penanganan sistemik, dan juga teknik ablasi.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

4. Hiperplasia Fikal Nodular

Jenis tumor hati ini termasuk pada tumor jinak dan sering terjadi selain hemangioma. Pada tumor ini tidak memiliki suatu gejala apapun, akan tetapi pada umumnya akan membuat penderita mengalami keluhan rasa sakit pada bagian perut atas.

5. Cholangiocarcinoma

Jenis tumor hati ini merupakan kanker yang terbentuk pada saluran. Saluran empedu yang menghubungkan pada hati dengan kantung empedu serta usus kecil. Biasanya kanker ini akan menyerang pada seseorang yang telah berusia diatas 50 tahun. Dalam penanganannya dapat dilakukan tindakan operasi, terapi radiasi, transplantasi hati, fotodinamik, kemoterapi, dan drainase empedu.

Apakah tumor hati dapat dicegah?

Untuk menjaga kesehatan organ hati, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini, diantaranya :

  • Mendapatkan vaksin hepatitis.
  • Hindari mengonsumsi minuman alkohol yang berlebihan.
  • Lakukan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi serta rutin berolahraga.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan yang berdampak pada organ hati.
  • Konsumsi kopi yang dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit hati. Meskipun hal tersebut perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap manfaat untuk organ hati.

| Kenali Macam-Macam Tumor Hati Sejak Dini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s