Penyakit Hepatomegali yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Apa itu hepatomegali?

Hepatomegali adalah pembengkakan pada hati yang diakibatkan oleh terjadinya pembesaran ukuran organ hati yang melebihi ukuran normal. Pada kondisi ini bisa dipicu oleh penyakit hati ataupun diluar hati. Kondisi ini dapat menimbulkan kerusakan pada fungsi hati sehingga akan berdampak pada organ tubuh lainnya jika tidak segera ditangani dengan cepat.

Kondisi ini memang jarang terjadi, biasanya terjadi pada pasien dengan usia lanjut. Tetapi penyakit ini juga bisa ditemukan pada anak-anak yang memiliki luka bakar parah, terinfeksi parasit, atau yang lainnya. Hepatomegali ini bisa ditangani untuk mengurangi faktor resiko, serta harus dikonsultasikan pada dokter.

penyakit hepatomegali

Apa yang menyebabkan terjadinya hepatomegali?

Kasus yang paling umum terjadi pemicu hepatomegali yaitu berbagai penyakit dan kondisi sebagai berikut :

  • Metastasis, kanker pada bagian hati yang berasal dari kanker organ lain.
  • Kanker yang berasal dari hati itu sendiri.
  • Hepatitis A, B, C, D, atau E.
  • Penyakit perlemakan hati non alkoholik atau Non-alcoholic fatty liver diaease yaitu adanya gangguan pada proses metabolisme akibat dari pola hidup tertentu.
  • Penyakit hati atau alcoholic liver diaease akibat dari konsumsi minuman alkohol yang berlebih sehingga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak pada hati. Berbagai penyakit yang termasuk kedalam penyakit hati alkoholik yaitu hepatitis alkohol, penyakit perlemakan hati alkoholik, serta sirosis.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Ada juga beberapa kondisi penyakit lain yang menjadi penyakit hepatomegali yaitu adanya infeksi bakteri dan parasit, berbagai penyakit kanker, kelainan genetik, dan berbagai kelainan pada jantung. Pada kondisi kelainan genetik bisa menyebabkan terjadinya penumpukan lemak, protein atau zat lainnya yang terdapat pada organ hati sehingga dapat terjadi pembesaran ukuran hati. Kelainan genetik tersebut seperti penyakit wilson, penyakit penimbunan glikogen, dan hemokromatosis.

Selain itu juga, ada berbagai kelainan jantung yang termasuk faktor resiko hepatomegali antara lain stenosis pada katup jantung dan gagal jantung kongestif. Pada bayi yang baru lahir atau anak-anak, penyakit hepatomegali dapat disebabkan oleh penyakit gaucher, malaria, infeksi virus, galaktosemia, talasemia, anemia sel sabit, serta obat-obatan.

Gejala Hepatomegali

Gejala yang muncul bisa bergantung pada jenis penyakit yang telah menjadi pemicu kondisi tersebut sehingga pemeriksaan lebih lanjut akan diperlukan untuk memastikan diagnosis. Ada berbagai gejala yang akan timbul, seperti :

  • Nyeri otot
  • Kelelahan
  • Mual
  • Hilangnya nafsu makan
  • Berat badan menurun
  • Kulit berubah menjadi menguning dan bagian putih pada mata (sklera)

Pencegahan Hepatomegali

Melakukan diet sehat dapat mengurangi resiko terkena hepatomegali dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian kedalam menu makanan sehari-hari. Perhatikan juga berat badan ideal dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum akan melakukan rangkaian perawatan. Batasi penggunaan obat berbahan kimia secara berlebihan seperti insektisida, terutama pada ruangan yang tidak memiliki sistem ventilasi yang proporsional.

| Penyakit Hepatomegali yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s