Dampak Kelebihan Berat Badan Terhadap Kesehatan Hati

Untuk menjaga kesehatan hati, maka terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah menjaga berat badan. Mengapa? Berikut ulasannya.

dampak kelebihan berat badan terhadap hati

Hati adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Hati memiliki peran untuk menetralisir racun dalam tubuh, menyimpan kelebihan cadangan makanan dan juga vitamin, memproduksi protein, metabolisme dengan berbagai jenis bahan makanan dan obat yang masuk kedalam tubuh, serta membentuk cairan empedu. Apabila hati mengalami gangguan, maka terdapat fungsi hati yang akan terganggu sehingga akan berdampak terhadap kesehatan tubuh kita.

Untuk menjaga kesehatan organ hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu menjaga berat badan. Karena kelebihan atau kekurangan berat badan akan berdampak pada kesehatan hati. Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat terbukti menyebabkan perlemakan hati sehingga akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati.

| Artikel terkait :

Perlemakan hati adalah adanya pengumpulan sel lemak yang berlebihan didalam hati, yaitu bisa mencapai lebih dari 5% berat hati. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan hati kronis yang sering terjadi dikalangan masyarakat. Mengonsumsi alkohol dan obesitas merupakan penyebab umum terjadinya perlemakan hati. Dari berbagai penelitian juga membuktikan hubungan dari kelebihan berat badan dan juga perlemakan hati. Hal ini terjadi karena hati yang berfungsi sebagai salah satu tempat menyimpan kelebihan cadangan makanan. Sehingga seseorang yang memiliki berat badan lebih atau mengalami obesitas, maka kadar lemaknya akan disimpan didalam hati sehingga dapat menyebabkan perlemakan hati.

Tetapi, tidak hanya kelebihan berat badan saja yang dapat menyebabkan perlemakan hati, kekurangan nutrisi dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan perlemakan hati. Selain itu kekurangan zat protein juga dapat menyebabkan penurunan sintesis suatu protein yang berperan sebagai pengikat dan membawa lemak yang ada pada darah. Akibatnya lemak dalam darah akan menumpuk didalam hati sehingga akan menyebabkan perlemakan hati.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan hati sangatlah penting dengan cara menjaga berat badan supaya tidak terlalu berlebihan atau malah terlalu kurang. Selain itu juga, hindari mengonsumsi minuman alkohol atau obat-obatan yang sudah jelas dapat membahayakan kesehatan tubuh. Sebaiknya untuk minum suplemen khusus untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk hati. Dengan begitu kita dapat menjaga supaya hati dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

| Dampak Kelebihan Berat Badan Terhadap Kesehatan Hati

Advertisements

2 thoughts on “Dampak Kelebihan Berat Badan Terhadap Kesehatan Hati

  1. merk bedak yang bagus

    halo mas salam kenal. jujur saya ini termasuk orang yang berperut buncit mas. nah saya baru paham bahwa ada pengaruh yang tidak baik antara perut buncit dengan hati. pertanyaanny mas, apakah tanda-tanda yang bisa dirasakan oleh kita akibat perut yang besar ini terhadap hati? dalam jangka waktu berapa lamakah biasanya dampak buruk ini terjadi? terimaksih atas responnya mas.

    Reply
    1. ayuanggraeni76 Post author

      Halo juga, salam kenal kembali. Bahaya memiliki perut buncit memang sangat berpengaruh pada kesehatan terutama hati. Biasanya kita tidak akan langsung merasakan tanda atau dampak dari perut buncit tersebut. Akan tetapi jika kita melakukan pola hidup yang tidak baik dan dengan jangka waktu yang panjang, maka cepat atau lambat akan beresiko terhadap gangguan kesehatan hati, seperti terjadinya penyakit jantung, diabetes, terganggunya pernafasan, kolesterol, stroke, darah tinggi, bahkan penyakit lainnya. Maka dari itu, supaya kesehatan hati tetap terjaga dan berfungsi dengan normal, dengan menjaga berat badan agar ideal memang sangat penting, dengan langkah awal melakukan olahraga dengan rutin (olahraga joging, sit up, berenang, atau bersepeda) dan atur pola makan.
      Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s