Berbagai Resiko Bikin Tato Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

mengobatihepatitisbkronis.com – Tato adalah suatu seni menggambar pada tubuh dengan menggunakan tinta dan jarum khusus. Ketika membuat tato, tinta yang bersifat permanen kemudian dimasukkan pada lapisan kulit dengan menggunakan jarum. Dibalik keindahan tato, ternyata tato memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan yang tentu saja akan membuat anda berfikir dua kali untuk membuat tato pada tubuh.

dampak tato bagi kesehatan dan kulit

Tetapi resiko tato bukan hanya pada jenis tato yang dibuat sebagai hiasan tubuh saja, ternyata juga pada tato kosmetik seperti tato alis atau tato bibir. Pada umumnya dalam pembuatan tato dilakukan tanpa adanya bantuan anestesi atau obat bius, sehingga akan merasakan rasa sakit atau nyeri akibat dari tusukan jarum tersebut.

Yang harus diperhatikan yaitu infeksi pada tato, karena pada proses pembuatan tato dapat dilakukan secara bebas dan tidak semuanya memiliki prosedur tindakan yang memenuhi pada standar kesehatan. Mungkin saja pada jarum suntik tidak steril. Selain itu juga, apabila tidak disimpan dengan baik, maka tinta yang dimasukkan kedalam kulit akan terkontaminasi bakteri sehingga terjebak didalam kulit.

Terjadinya infeksi ditandai dengan timbul ruam berwarna merah di sekitar tato dan disertai dengan demam. Sedangkan pada infeksi yang lebih parah dapat terjadi demam yang tinggi,menggigil, berkeringat hingga merasa kedinginan. Kondisi tersebut membutuhkan obat antibiotik atau perawatan lain yang lebih intensif di rumah sakit.

Berikut Berbagai Resiko Tato Pada Kesehatan Tubuh

Terdapat beberapa jenis tinta tato yang bersifat toksis atau beracun. Bahkan ada juga yang mengandung zat karsinogen (pemicu kanker) serta tidak memenuhi standar keamanan internasional didalam komposisi tinta tersebut. Ada juga komponen yang tidak aman didalam tinta tato seperti barium, merkuri, tembaga, dan yang lainnya. Tinta tato yang mungkin akan menimbulkan reaksi alergi setelah membuat tato. Berikut beberapa dampak dari pembuatan tato :

1. Alergi

Meskipun tidak pada semua orang tidak mengalami hal ini, tetapi alergi dapat beresiko dan terjadi pada kulit yang ditato. Alergi yang disebabkan oleh adanya zat warna pada tinta yang digunakan untuk membuat tato. Reaksi ini biasanya akan muncul seperti gatal-gatal atau ruam pada kulit yang ditato.

2. Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang bisa didapatkan saat membuat tato menggunakan jarum bekas. Bahkan selain menyebabkan penyakit hepatitis, anda juga akan tertular HIV AIDS.

3. Tetanus

Alat untuk membuat tato (seperti jarum) yang tidak steril akan menyebabkan terkena tetanus. Pada jarum yang tidak steril dan tidak disimpan dengan baik memungkinkan akan mengandung bakteri, sehingga pada akhirnya akan terkena infeksi.

4. Keloid

Kulit yang sudah ditato kemungkinan akan menimbulkan bekas luka yang melampaui batas normal. Hal ini dikarenakan oleh adanya pertumbuhan yang berlebihan pada jaringan parut ketika kulit ditato. Keloid akan menimbulkan masalah penampilan dibandingkan dengan kesehatan. Dan mungkin saja akan merasa terganggu dengan keloid yang besar dan berada pada tempat yang terlihat orang lain.

5. Dapat Mempengaruhi MRI (Magnetic Resinance Imaging)

Tinta yang berbahan dasar logam dapat menghambat proses pemeriksaan dengan melalui scan MRI. Pada beberapa kasus yang langka ini juga diketahui ada penderita yang mengalami luka besar akibat dari tato yang bereaksi dengan MRI. Selain itu juga, pigmen yang terdapat pada tato dapat mengganggu kualitas gambar yang diambil dan apabila tinta mengandung logam, warna tato juga akan memudar.

Itulah berbagai resiko tato, mulai dari infeksi hingga penyakit lain yang lebih berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya untuk pertimbangkan kembali resiko-resiko tersebut sebelum membuat tato.

| Berbagai Resiko Bikin Tato Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s