Apa Sih Perbedaan Sirosis Hati dan Hepatitis?

Penyakit hepatitis ataupun sirosis hati termasuk penyakit hati kronis yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Meskipun keduanya merupakan penyakit yang dapat menyerang organ hati, akan tetapi kedua penyakit tersebut berbeda. Lalu apa perbedaan dari penyakit sirosis hati dan hepatitis? Penyakit manakah yang lebih berbahaya?

Penyakit hepatitis dan sirosis hati sama-sama dapat menyebabkan organ hati mengalami peradangan atau pembengkakan yang pada akhirnya mengalami kerusakan. Dari penyakit keduanya merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan suatu komplikasi sangat buruk seperti akan menimbulkan luka permanen pada hati, bahkan mengalami kanker hati. Dari pemicu kedua penyakit tersebut juga hampir mirip. Keduanya dapat disebabkan oleh seringnya mengonsumsi minuman alkohol atau penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang.

perbedaan hepatitis dan sirosis hati

Tanda dan Gejala Hepatitis dan Sirosis Hati

Gejala yang akan muncul dari penyakit hepatitis dan sirosis hati juga hampir mirip, diantaranya :

Tanda dari kedua penyakit ini yaitu mengalami perubahan bagian kulit dan bola mata menjadi menguning. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan pada fungsi hati.

Pada kondisi seperti ini terjadi gangguan pada fungsi hati. Biasanya kondisi ini akan diiringi dengan gejala sulit untuk bernafas dikarenakan adanya cairan yang menumpuk pada sekitar perut.

  • Gatal pada permukaan kulit

Hal ini diakibatkan karena zat bilirubin yang masuk kedalam aliran darah sehingga akan muncul dibawah permukaan kulit. Biasanya gejala tersebut akan diiringi dengan bercak-bercak berwarna kemerahan.

  • Kaki bengkak

Terjadinya pembengkakan pada kaki dapat disebabkan oleh penumpukan cairan pada sekitar kaki (edema). Pada hal ini akan menunjukkan bahwa aliran darah didalam tubuh mengalami gangguan.

  • Mengalami tanda-tanda lainnya seperti mual, muntah, susah tidur, bahkan hilang kesadaran.

Berikut ini perbedaan hepatitis dan sirosis hati

Dari kedua penyakit tersebut memiliki peluang kesembuhan yang berbeda. Pada kebanyakan kasus yang terjadi, hepatitis dapat disembuhkan, apalagi jika kondisinya berhasil terdeteksi sejak dini. Sedangkan pada sirosis hati merupakan suatu infeksi yang kronis yang dapat menyebabkan organ sudah memiliki banyak luka dimana-mana sehingga kemungkinan tidak bisa disembuhkan seperti sebelumnya.

Pengobatan yang dilakukan dari kedua penyakit tersebut juga akan berbeda karena pada tingkat keparahannya juga berbeda. Biasanya seseorang yang mengalami hepatitis akan diberikan obat dan istirahat yang cukup. Tetapi hal tersebut juga tergantung pada jenis hepatitis yang diderita. Sedangkan seseorang yang mengalami sirosis hati, biasanya akan menjalani pengobatan dengan melalui operasi atau bahkan melakukan transplantasi hati (cangkok hati).

Penyakit manakah yang lebih berbahaya?

Pada dasarnya, kedua penyakit antara hepatitis dan sirosis hati ini dapat menyebabkan komplikasi bagi tubuh yaitu kanker hati. Tetapi, jika pada seseorang yang mengalami penyakit hepatitis maka tingkat kesembuhannya cukup besar, tergantung pada penyebab penyakit.

Sedangkan pada sirosis hati merupakan peradangan hati pada tahap akhir yang kemungkinan tidak bisa dikembalikan lagi. Seseorang yang mengalami penya tersebut maka akan beresiko lebih besar mengalami gagal hati atau kanker hati. Tetapi, pada pengobatannya pun akan tetap dilakukan untuk menurunkan komplikasi serta mencegah organ hati yang semakin rusak. Pada beberapa jenis hepatitis yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan hati mengalami sirosis hati. Sementara jika sirosis hati tidak bisa ditangani dengan baik maka tim medis akan melakukan cangkok hati.

| Apa Sih Perbedaan Sirosis Hati dan Hepatitis?

Advertisements

One thought on “Apa Sih Perbedaan Sirosis Hati dan Hepatitis?

  1. ChongBiggie

    Hi blogger, i’ve been reading your page for some time and I really like
    coming back here. I can see that you probably don’t make money on your
    blog. I know one interesting method of earning money, I think you will like
    it. Search google for: dracko’s tricks

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.