Upaya Pencegahan Penyakit Kuning Secara Efektif

Tanda-tanda penyakit kuning muncul karena didalam tubuh terjadi pengendapan zat bilirubin, yaitu zat sisa sel darah merah yang mengalami penguraian. Bilirubin adalah zat sisa yang sudah tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh yang kemudian dibuang oleh tubuh kedalam bentuk feses (kotoran) dan urine. Pada gejala penyakit kuning ini dapat disebabkan oleh adanya jaringan hati yang mengalami kelainan sebelum zat bilirubin masuk kedalam jaringan darah menuju organ hati. Didalam hati dan setelah mengalami proses reaksi kimia didalam hati.

Seseorang yang menderita penyakit kuning, maka organ hatinya akan bekerja lebih keras sehingga menyebabkan fungsi organ hati semakin menurun. Pencegahan penyakit kuning pada bayi maupun orang dewasa sangat perlu dilakukan yaitu dengan cara memperbaiki pola makan dan juga gaya hidup yang baik.

cara efektif mencegah penyakit kuning

Ada beberapa cara yang harus dilakukan guna untuk mencegah penyakit kuning tersebut, antara lain :

1. Melakukan Vaksinasi

Dengan melakukan vaksinasi maka bisa mencegah penyakit kuning dengan baik. Dengan cara tersebut maka penyakit kuning bisa dicegah dengan cara mencegah suatu infeksi serta kondisi yang mendasari pada penyakit tersebut. Sehingga organ hati akan berada pada kondisi yang lebih baik sekaligus terlindungi dari penyakit kuning.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan supaya tetap ideal memang sangat penting guna untuk mempertahankan kesehatan jaringan liver atau hati. Memiliki tubuh yang terlalu gemuk dapat memperlambat kinerja hati dalam menyaring racun kedalam tubuh sehingga mengakibatkan seseorang rentan terserang gejala penyakit kuning, apalagi jika sudah berintaraksi langsung dengan penderita penyakit kuning yang belum sembuh.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol harus dihindari guna untuk mencegah kerusakan organ hati yang semakin parah. Alkohol tidak hanya berpengaruh pada sistem saraf tetapi juga dapat berakibat buruk bagi organ hati yang dimana organ tersebut akan lebih rentan terhadap radang yang nantinya akan mengurangi kemampuan hati dalam menyaring racun dan juga terjadi penyakit kuning tersebut.

| Artikel terkait : Obat Penyakit Kuning

4. Olahraga Secara Teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur menjadi cara untuk mencegah penyakit kuning. Bahkan dapat meningkatkan kualitas organ hati dalam mengatur hormon. Meningkatnya imunitas tubuh akan menghindari gejala penyakit kuning yang terjadi karena tertularnya penyakit kuning dari orang lain.

5. Hindari Penggunaan Jarum Suntik

Pada pencegahan ini sangat penting karena penggunaan jarum suntik secara sembarangan atau lebih dari 1 orang, atau jika jarum suntik yang digunakan tidak steril atau bekas penderita hepatitis maka dapat menyebabkan penyakit kuning menular.

6. Hindari Konsumsi Obat

Hindari mengonsumsi obat sembarangan atau berlebihan karena obat yang tanpa disertai resep dokter dapat meningkatkan resiko penyakit kuning.

7. Banyak Minum Air Putih

Tubuh yang kekurangan asupan air putih dapat menimbulkan organ hati bekerja menjadi lebih keras untuk dapat mengendalikan metabolisme tubuh saat terserang dehidrasi. Apabila kondisi terebut terus terjadi maka organ hati akan mengalami kerusakan, kelelahan, serta mundurnya fungsi. Dan salah satu dampak dari kurangnya minum air putih yaitu timbulnya gejala penyakit kuning dengan melalui penularan dari orang yang sedang terkena penyakit kuning.

8. Atur Pola Makan Sehat

Cara mencegah penyakit kuning dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti wortel, tomat, air tebu, dan sebagainya.

9. Konsumsi Zat Besi Bagi Ibu Hamil

Terjadinya penumpukkan bilirubin merupakan pecahan dari sel darah merah yang akan membuat kinerja organ hati mengalami hambatan. Cara mencegah bayi lahir dengan sakit kuning, maka pada masa kehamilan dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Tidak hanya untuk mencegah penyakit kuning pada bayi, tetapi kandungan zat besi juga sangat berguna untuk menurunkan ibu terkena anemia selama masa kehamilan.

10. Batasi Asupan Sodium

Adanya cairan sodium yang berlebihan dapat meningkatkan resistensi cairan sehingga dapat beresiko pembengkakan yang semakin meningkat. Sodium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah serta keseimbangan cairan didalam tubuh, tetapi kadar asupan tidak boleh berlebihan.

Upaya untuk mencegah penyakit kuning sangat perlu untuk dilakukan setiap harinya. Karena tidak hanya untuk menurunkan resiko terkena penyakit kuning saja, tetapi cara-cara diatas juga sangat bermanfaat dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

| Baca juga :

| Upaya Pencegahan Penyakit Kuning Secara Efektif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.