Waspada ! Ini Dampak Minum Obat Sembarangan Pada Organ Hati

Obat memang sangat dibutuhkan ketika seseorang mengalami sakit, baik sakit ringan maupun sakit berat. Bahkan ada juga seseorang yang mungkin ketergantungan pada obat tertentu untuk mengontrol sakit yang sedang diderita.

Akan tetapi, sebaiknya gunakan obat tersebut yang sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Mengkonsumsi obat yang tidak digunakan sesuai dengan aturan konsumsi maka dapat merusak pada organ tubuh termasuk pada hati. Karena hati merupakan salah satu organ tubuh yang terlibat dalam metabolisme obat didalam tubuh sehingga dampak dari obat yang dikonsumsi bisa terjadi pada hati.

waspada dampak minum obat sembarangan pada organ hati

Fungsi Organ Hati

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang terletak pada bagian kanan atas rongga perut, dibawah diafragma dan di atas lambung, ginjal sebelah kanan serta usus. Fungsi hati yaitu dalam mengontrol kadar kimia dalam darah dan juga mengeluarkan empedu (yang memiliki peran penting dalam memecah dan menyerap lemak didalam tubuh). Selain itu organ hati juga terlibat dalam berbagai metabolisme zat gizi (lemak, karbohidrat dan protein), suplemen, obat dan lainnya yang dikonsumsi. Fungsi lain dari hati dapat membantu dalam membuang suatu sisa yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Darah yang mengandung nutrisi dari makanan dan juga obat-obatan zat kimia dibersihkan dalam hati. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengubah zat kimia yang memiliki potensi berbahaya menjadi tidak berbahaya. Lalu zat tersebut akan dikeluarkan dengan empedu supaya dihilangkan dari organ tubuh bersama dengan tinja, atau dikeluarkan oleh ginjal supaya dihilangkan dari tubuh melalui urine.

Lalu bagaimana dampak dari obat pada hati?

Zat kimia yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh akan dikeluarkan oleh hati dan dihilangkan dari tubuh. Oleh karena itu hati berperan penting dalam proses metabolisme obat dalam tubuh. Apabila penggunaan obat merusak pada ogran hati, maka hal tersebut dapat mengganggu pada fungsi normal hati sehingga berbagai metabolisme dalam tubuh akan terganggu.

Mengkonsumsi obat sembarangan dapat langsung meruksak hati. Pada beberapa obat lain juga dapat diubah oleh hati menjadi bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya luka pada hati secara langsung ataupun tidak langsung. Ada 3 cara obat yang dapat merusak hati yaitu tergantung pada dosis obat, alergi obat dan kerentanan hati pada seseorang terhadap obat.

Baca juga : Gejala Awal Kerusakan Hati yang Sering Diabaikan

Biasanya dampak dari obat pada hati tidak akan sampai menimbulkan bahaya apabila dikonsumsi sesuai anjuran. Pada obat-obatan yang diketahui memang cukup membahayakan terutama pada organ hati, akan mencantumkan seperti peringatan mengenai penggunaan bagi penderita gangguan organ hati. Maka dari itu biasakan untuk selalu membaca aturan pakai sebelum minum obat.

Berikut ini terdapat salah satu obat-obatan yang beresiko terjadi kerusakan hati :

Salah satu obat yang dapat merusak hati apabila dikonsumsi secara berlebihan yaitu Acetaminophen. Pada obat ini tersedia tanpa adanya resep dari dokter sehingga Anda dapat mengonsumsinya kapan saja. Tetapi Anda perlu memperhatikan cara penggunaan obat tersebut.

Seseorang yang mengonsumsi Acetaminophen dengan dosis tinggi dan terus menerus selama beberapa hari maka dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Bagi Anda yang tidak mengalami gangguan kesehatan tubuh, disarankan untuk tidak mengonsumsi obat tersebut lebih dari 1000 mg per kali minum atau tidak boleh lebih dari 3000 mg per hari.

| Waspada ! Ini Dampak Minum Obat Sembarangan Pada Organ Hati

Advertisements

One thought on “Waspada ! Ini Dampak Minum Obat Sembarangan Pada Organ Hati

  1. Pingback: Dampak minum obat sembarangan – ALUMNI SD GADDONG MAKASSAR 83

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s