Tips Melindungi Pasangan Supaya Tidak Tertular Hepatitis

Sangat penting bagi Anda dan juga pasangan untuk mempertimbangkan dalam mencegah adanya infeksi hepatitis B. Karena menularnya virus hepatitis B pada pasangan Anda didalam kehidupan sehari-hari memang sangatlah mungkin. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara untuk melindungi orang yang kita sayang dari penyakit yang menular ini.

Apabila Anda telah didiagnosis mengalami penyakit hepatitis B, maka pasangan mungkin akan menjadi perawat, pendukung ataupun tempat untuk bersandar. Akan tetapi, meskipun menjadi pendukung setia, tidak akan menjamin dirinya aman dari penularan penyakit hepatitis tersebut. Karena dengan berada dekat dengan Anda yang hampir setiap waktu akan membuatnya sangat rentan untuk terkena infeksi virus hepatitis yang dimiliki oleh Anda.

tips melindungi pasangan supaya tidak tertular hepatitis

Sebelum membahas tips untuk melindungi pasangan dari penyakit hepatitis B, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai cara penularan virus hepatitis B.

Cara penularan virus hepatitis B bisa dengan melalui darah, air mani, atau pada cairan tubuh lainnya yang terinfeksi dengan virus hepatitis B serta yang memasuki tubuh pasangan yang tidak terkena infeksi tersebut. Pasangan Anda bisa terkena infeksi virus dengan melalui aktivitas sehari-hari seperti berhubungan seks, alat suntik, menggunakan jarm, atau peralatan obat suntik lainnya. Bahkan dengan menggunakan barang-barang bersama seperti sikat gigi, alat cukur mungkin bisa terinfeksi. Selain itu juga, pasangan Anda bisa terinfeksi apabila melakukan kontak langsung dengan darah atau luka yang terbuka di bagian tubuh Anda, serta dapat terpapar darah yang terkena infeksi dari tusukan jarum atau benda tajam lainnya.

Berikut ini cara untuk melindungi pasangan supaya tidak tertular hepatitis :

1. Melakukan tes darah

Hubungan seksual yang merupakan salah satu utama dalam penularan adanya virus hepatitis. Sebagai pencegahan adanya suatu infeksi, maka diperlukan untuk mengingatkannya dengan dokter untuk melakukan tes darah guna untuk memeriksa apakah ia terinfeksi atau tidak. Meskipun kedua orang tersebut telah menjalankan cara untuk mencegah datangnya infeksi, tetapi tes darah juga sangat diperlukan.

Namun jika pasangan tidak terkena infeksi hepatitis B, maka hal yang harus dilakukan yaitu melakukan vaksin. Perlu diketahui bahwa vaksin dapat melindungi dari adanya virus hepatitis B. Setelah melakukan serangkaian suntikan, maka pasangan juga masih membutuhkan tes darah guna untuk memastikan bahwa ia terlindungi.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

2. Gunakan kondom saat berhubungan seks

Setelah pasangan telah diberikan vaksin, maka ada suatu keharusan bagi pasangan untuk menggunakan kondom lateks ketika berhubungan seks. Selain itu juga gunakan pelumas seks yang berbahan dasar air untuk menjaga supaya bahan kondom tersebut tidak cepat aur dan robek. Pelumas tersebut dapat mengurangi terjadinya luka goresan akibat dari gesekan pada penis atau bagian dalam vagina. Oleh karena itu pasangan harus menggunakan kondom dari awal hingga akhir aktivitas seksual. Setelah itu, apabila pasangan yang akan mengurus atau membuang alat pengaman yang telah dipakai, maka diharuskan untuk mengingatkan dalam melakukannya secara berhati-hati.

3. Menjalani pengobatan untuk pencegahan

Apabila pasangan Anda telah terpapar darah atau suatu cairan tubuh lainnya dengan tanpa sengaja, maka diharuskan untuk menjalani pengobatan pencegahan. Sangat penting bagi pasangan Anda untuk diberikan HBIG dan langsung menerima rangkaian vaksin hepatitis B, serta dianjurkan dalam 17 sampai 14 hari, maka ia bisa terlindungi dengan baik dari virus hepatitis B.

Itulah beberapa tips untuk melindungi pasangan supaya tidak tertular penyakit hepatitis B yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Related post :

| Tips Melindungi Pasangan Supaya Tidak Tertular Hepatitis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.